Cari Saham Murah dengan Dividen Tinggi? Simak Daftarnya

Saham dengan harga murah mungkin dapat dengan mudah ditemukan di Bursa. Dengan dana sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah), Anda dapat menemukan berpuluh hingga beratus saham yang dapat dibeli. Namun, apakah Anda mencari saham dengan harga murah dan juga membagikan dividen yang tinggi? Jika iya, Anda dapat menyimak daftarnya sebagai berikut.

investasimu.com Saham Murah dengan Dividen Tinggi

Harga saham yang murah memungkinkan Anda untuk membeli saham tersebut dalam jumlah yang banyak dengan dana yang sedikit. Apabila Anda memiliki dana yang terbatas, harga saham tentu menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli saham. Misalnya jika Anda hanya memiliki dana sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah), saham yang dapat Anda beli maksimal memiliki harga berkisar sebesar Rp1.400,00 - Rp1.500,00 per lembar saham (mempertimbangkan fee transaksi). Hal ini dikarenakan ketentuan Bursa menyatakan bahwa batas minimal pembelian saham adalah sebesar 1 lot atau 100 lembar. 

Selain faktor harga, Anda tentu juga berharap saham yang Anda beli dapat memberikan keuntungan. Keuntungan tersebut dapat berupa kenaikan harga saham atau penerimaan dividen. Dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham dan pada umumnya dibayarkan secara tunai. Pembagian dividen bukanlah suatu kewajiban perusahaan, tetapi perusahaan yang rutin membagikan dividen tentu memiliki citra positif dan menarik bagi investor. Selain itu, saat ini dividen juga tidak dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) sepanjang dividen tersebut diinvestasikan.

Oleh karena itu, kami menyusun daftar saham dengan harga murah yang rutin membagikan dividen dalam jumlah besar yang dapat Anda pertimbangkan. Deretan saham tersebut termasuk ke dalam Indeks IDX High Dividend 20 (IDX HIGHDIV20) untuk periode Februari 2021 - Januari 2022. IDX HIGHDIV20 adalah indeks yang disusun oleh Bursa yang yang mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi. Dengan menggunakan harga penutupan pada tanggal 19 Juli 2021 dan diasumsikan Anda hanya memiliki dana investasi sekitar Rp150.000,00, daftar saham murah dengan dividen tinggi yang memenuhi kriteria yaitu PT Puradelta Lestari Tbk. ($DMAS), PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP), dan PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).

PT Puradelta Lestari Tbk. ($DMAS)

PT Puradelta Lestari Tbk. ($DMAS) adalah perusahaan joint venture antara Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation dari Jepang. Salah satu proyek yang dikelola oleh $DMAS adalah Kota Deltamas yang merupakan kawasan modern terpadu seluas ± 3.200 hektar dan terdiri dari kawasan industri, kawasan hunian, dan kawasan komersial di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Kota Deltamas juga telah memiliki sertifikat Internasional Integrasi Sistem Manajemen QSHE.

Harga saham $DMAS pada tanggal 19 Juli 2021 ditutup sebesar Rp193 per lembar saham. Dengan dana sebesar Rp150.000,00, Anda dapat membeli saham $DMAS hingga 7 lot atau 700 lembar saham. Selain itu, $DMAS juga tergolong rajin membagikan dividen termasuk dividen interim. Pada tanggal 8 Juni 2021, Perseroan membayarkan dividen tunai final sebesar Rp6,5 per lembar saham setelah pada tanggal 18 Desember 2020 juga telah membayarkan dividen interim sebesar Rp25 per lembar saham. Dengan demikian, untuk tahun buku 2020, total dividen yang dibagikan $DMAS mencapai Rp31,5 per lembar saham. Apabila menggunakan harga penutupan pada tanggal 19 Juli 2021, rasio dividend yield $DMAS mencapai 16,32%.

PT HM Sampoerna Tbk. ($HMSP)

PT HM Sampoerna Tbk. ($HMSP) adalah salah satu perusahaan industri rokok terbesar di Indonesia dengan produknya yang terkenal yaitu Dji Sam Soe dan Sampoerna A. Selama lebih dari 10 tahun, $HMSP memimpin pasar rokok Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 32,2% pada tahun 2019. Perseroan merupakan anak perusahaan dari PT Philip Morris Indonesia dan afiliasi dari Philip Morris International Inc., perusahaan rokok internasional terkemuka dengan merek global Marlboro.

$HMSP termasuk ke dalam kategori perusahaan yang rutin membagikan dividen setiap tahunnya. Pada tanggal 18 Juni 2021, Perseroan membagikan dividen tunai sebesar Rp72,8 per lembar saham. Selain itu, harga saham $HMSP juga tergolong terjangkau. Pada tanggal 19 Juli 2021, harga saham $HMSP adalah sebesar Rp1.110,00 per lembar saham. Dengan dana sebesar Rp150.000,00, Anda dapat memperoleh saham $HMSP sebanyak 1 lot atau 100 lembar.

PT Adaro Energy Tbk. ($ADRO)

PT Adaro Energy Tbk. ($ADRO) merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan energi. Kegiatan pertambangan batu bara Grup $ADRO dimulai pada tahun 1992 ketika produksi Envirocoal pertama kali dilakukan dari tambang PT Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan. Seiring berjalannya waktu, Perseroan mengakuisisi aset-aset batu bara termal dan metalurgi baru serta melakukan diversifikasi bisnis dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing.

$ADRO juga tergolong ke dalam perusahaan yang rutin membagikan dividen. Pada tanggal 25 Mei 2021, Perseroan telah membagikan dividen sebesar Rp66 per lembar saham. Selain itu, harga saham $ADRO juga terjangkau. Per tanggal 19 Juli 2021, harga saham $ADRO berada di level Rp1.250 per lembar saham. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh 1 lot atau 100 lembar saham $ADRO dengan dana sebesar Rp150.000,00.

Demikianlah beberapa daftar saham yang memiliki harga yang murah sekaligus rajin membagikan dividen. Apakah $DMAS, $HMSP, atau $ADRO menarik perhatian Anda? Atau ada saham lain di luar Indeks IDX HIGHDIV20 yang menarik perhatian Anda karena menawarkan dividen tinggi dengan harga yang terjangkau?    

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama