Sekilas IPO PT Hoffmen Cleanindo Tbk (KING)

IPO Hoffmen Cleanindo (KING)

Foto: Hoffmen Cleanindo (KING) 

Investasimu.com. PT Hoffmen Cleanindo Tbk (IDX: KING) adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang Facility Service Management yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan klien (customer) dalam hal facility services yang terintegrasi dengan baik, yaitu jasa cleaning service, security, washroom hygiene, dan parkir melalui Perusahaan Anak yaitu PT Hoffmen Parkindo.

Data IPO KING

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya 520.000.000 lembar saham biasa atas nama atau sebesar-besarnya 20% dari modal yang telah di tempatkan dan disetor penuh setelah IPO.
Nilai Nominal Rp20 per saham.
Harga IPO Rp115 sampai dengan Rp130.
Total Hasil IPO Sebesar-besarnya Rp67.600.000.000.

Perseroan secara bersamaan juga akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 260.000.000 Waran Seri I. Waran Seri I ini diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang Saham Baru Perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan dengan perbandingan 2 (dua) Saham Baru mendapatkan 1 (satu) Waran Seri I (Rasio 5:2). 

Adapun Penjamin Emisi Efek atas IPO KING ini yaitu NH Korindo Sekuritas Indonesia (XA).

Jadwal IPO KING

Jadwal IPO KING dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus dan Pemegang Saham KING

Susunan pengurus KING yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Eddy Japarto

Komisaris Independen : Selamat Sodugaon Carl F

Direksi

Direktur Utama : Rudy Japarto

Direktur : Albert Sutanto

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sebelum dan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Pemegang Saham Hoffmen Cleanindo

Rencana Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana yang diperoleh Perseroan dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham akan dipergunakan seluruhnya untuk:

  1. Sekitar 95% (sembilan puluh lima persen) akan digunakan oleh Perseroan sebagai modal kerja yaitu: (i) Sekitar 83% (delapan puluh tiga persen) digunakan untuk pembayaran gaji pegawai tidak tetap yang merupakan komponen harga pokok pendapatan Perseroan atas kontrak kerja Perseroan, dan (ii) Sekitar 12% (dua belas persen) digunakan untuk pembelian peralatan penunjang.
  2. Sekitar 5 % (lima persen) akan digunakan sebagai setoran modal pada anak perusahaan Perseroan yaitu PT Hoffmen Parkindo yang akan digunakan untuk modal kerja yaitu: (i) Sekitar 2% (dua persen) digunakan untuk pembayaran gaji pegawai tidak tetap yang merupakan komponen harga pokok pendapatan PT Hoffmen Parkindo atas kontrak kerjanya, dan (ii) Sekitar 3% (tiga persen) digunakan untuk pembelian persediaan peralatan penunjang. 
Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja yaitu pembelian peralatan penunjang Perseroan

Laporan Keuangan KING Hingga Agustus 2022

Perseroan membukukan peningkatan pendapatan di periode 8 (delapan) bulan yang berakhir pada 31 Agustus 2022. Pendapatan Perseroan tumbuh dari Rp100,3 miliar menjadi Rp104,3 miliar YoY. Secara keseluruhan, Perseroan membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp686,6 juta, meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat rugi sebesar Rp655,7 juta. Nilai Earning per Share (EPS) Perseroan hingga 31 Agustus 2022 tercatat sebesar Rp0,54.

Per 31 Agustus 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp72,8 miliar, tumbuh jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp55,6 miliar. Total liabilitas Perseroan turun menjadi sebesar Rp45,2 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp27,5 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp5,1 miliar.

Dari sisi arus kas, Perseroan mencatat arus kas negatif dari aktivitas operasi sebesar Rp1,8 miliar, arus kas negatif dari aktivitas investasi sebesar Rp2,6 miliar, dan arus kas positif dari aktivitas pendanaan sebesar Rp18,3 miliar. Dengan demikian, saldo kas dan setara kas Perseroan per 31 Agustus 2022 tercatat meningkat menjadi sebesar Rp17,2 miliar.

Kebijakan Dividen KING

Setelah Penawaran Umum Perdana Saham, mulai tahun buku 31 Desember 2024 dan seterusnya, manajemen Perseroan bermaksud membayarkan dividen tunai kepada pemegang saham Perseroan dalam jumlah sebanyak - banyaknya 30% (tiga puluh persen) atas laba bersih tahun berjalan Perseroan. Besarnya pembagian dividen akan bergantung pada hasil kegiatan usaha dan arus kas Perseroan serta prospek usaha, kebutuhan modal kerja, belanja modal dan rencana investasi Perseroan di masa yang akan datang dan dengan memperhatikan pembatasan peraturan dan kewajiban lainnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama