MNC Bank (IDX: BABP) Jalin Kemitraan Strategis dengan XL Axiata (IDX: EXCL)

investasimu.com Bank MNC Internasional (BABP) Jalin Kemitraan Strategis dengan XL Axiata (EXCL)

Photo: MNC Bank

PT Bank MNC Internasional Tbk. (IDX: BABP), anak perusahaan PT MNC Kapital Tbk (IDX: BCAP) mengumumkan bahwa Perseroan telah mencapai kesepakatan untuk menjalin kemitraan strategis dengan PT XL Axiata Tbk. (IDX: EXCL). Kemitraan strategis tersebut dilakukan sebagai upaya mempromosikan aplikasi perbankan digital milik Perseroan yaitu Motionbanking

Dalam kesepakatan tersebut, XL Axiata akan mendukung promosi Motionbanking di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC. Perseroan menargetkan kemitraan tersebut akan menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.

Yudi Hamka, CTO MNC Group mengatakan bahwa, “Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan.” 

Kemitraan dengan XL Axiata dilandasi pertimbangan penetrasi internet dan smartphone yang lebih tinggi dibandingkan dengan penetrasi perbankan. Hal ini berimplikasi masyarakat unbanked dengan smartphone akan memiliki akses ke layanan keuangan yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Selain itu, dengan bantuan analisis dan otomatisasi big data, XL Axiata dapat menjadi mesin untuk menyediakan personalisasi layanan keuangan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pengguna.

”Kerja sama ini strategis bagi kami, karena selaras dengan agenda transformasi digital kami. Kerja sama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerja sama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat.” ujar Director and Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses.

MotionBanking sendiri merupakan aplikasi perbankan digital terintegrasi yang menawarkan layanan lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran, kartu kredit, dengan UI/UX yang nyaman seperti e-KYC pembukaan rekening biometrik, login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.

Sejak diluncurkan, MNC Bank telah menandatangani sejumlah perjanjian dengan pihak ketiga untuk memperluas ekosistemnya antara lain dengan MNC Vision Networks, Kredit Pintar dan Oriente (Finmas) untuk penyediaan dan penyaluran pinjaman, fitur cicilan atau pay later, co-branding kartu kredit, kolaborasi dalam pemasaran dan layanan, dan credit scoring berbasis AI untuk MNC Bank, PT Jasamarga Related Business untuk layanan perbankan digital dan pendanaan bagi para tenant di rest area, dan Visa dan Mastercard untuk kartu debit dan kredit virtual.

Dari sisi kinerja, MNC Bank mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 8% yoy menjadi Rp125 miliar selama triwulan I 2021. Laba bersih Perseroan juga turun hingga 21,96% yoy menjadi Rp3 miliar. Pada sesi pertama perdagangan Kamis, 12 Agustus 2021, saham MNC Bank ditutup turun 6,92% di level Rp498 per lembar saham.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama