Deli Pratama Batubara Akuisisi 49,56% Saham Perdana Karya Perkasa (IDX: PKPK)

Deli Pratama Batubara Akuisisi 49,56% Saham Perdana Karya Perkasa (IDX PKPK) investasimu.com

Foto: Perdana Karya Perkasa

PT Deli Pratama Batubara (DPB) mengumumkan bahwa Perseroan telah menyelesaikan pengambilalihan 297.383.762 lembar saham PT Perdana Karya Perkasa Tbk. (IDX: PKPK) pada tanggal 24 September 2021. Jumlah tersebut merepresentasikan 49,56% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PKPK.

Dalam informasi yang dirilis oleh Perseroan, harga pembelian saham PKPK adalah sebesar Rp60 per lembar. Dengan demikian, total dana akuisisi yang dikeluarkan Perseroan mencapai Rp17,84 miliar. Sebelum akuisisi, tidak terdapat hubungan afiliasi antara DPB dan PKPK.

DPB sendiri merupakan perusahaan holding yang berkedudukan di Jakarta. Pemegang saham terbesar DPB adalah PT Deli Pratama Nusantara dengan kepemilikan sebesar 99,9% sementara sisanya sebesar 0,1% dimiliki oleh Sinar Deli. Perseroan mengungkapkan bahwa akuisisi dimaksudkan untuk memperluas dan memperkuat lini usaha Perseroan di bidang usaha jasa konstruksi dan pertambangan.

Informasi akuisisi ini memperoleh respons positif oleh pasar yang ditunjukkan oleh pergerakan harga saham PKPK yang meningkat hingga 34,26% ke level Rp145 per lembar saham pada sesi perdagangan pada hari Senin, 27 September 2021. Sejak awal tahun, harga saham PKPK telah melesat hingga 158,93%.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama