Enseval Putera Megatrading (IDX: EMPT) Umumkan Pendirian Anak Usaha Baru

Enseval Putera Megatrading (IDX EMPT) Umumkan Pendirian Anak Usaha Baru investasimu.com

Foto: Enseval Putera Megatrading

Distributor produk kesehatan, PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (IDX: EPMT) mengumumkan pendirian anak perusahaan baru, yaitu PT Mostrans Global Digilog (MGD). Dalam keterbukaan informasi yang dirilis Perseroan, pendirian MGD dilakukan pada tanggal 2 September 2021 berdasarkan Akta Pendirian Nomor 10 yang dibuat di hadapan Notaris Sri Ismiyati, S.H. dan telah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 3 September 2021.

Modal dasar MGD ditetapkan sebesar Rp80 miliar dengan jumlah modal yang disetor sebanyak Rp20 miliar. EPMT menjadi pemegang saham terbesar MGD dengan proporsi kepemilikan sebanyak 99% atau setara Rp19,8 miliar. Sementara itu, PT Global Chemindo Megatrading (GCM) memiliki 1% kepemilikan di MGD atau setara Rp200 juta. 

Perlu diketahui bahwa GCM juga merupakan anak usaha EPMT dengan kepemilikan sebesar 100%. GCM sendiri bergerak di bidang penjualan bahan baku obat-obatan. Sementara itu, pemegang saham terbesar EPMT adalah PT Kalbe Farma Tbk (IDX: KLBF) dengan kepemilikan sebesar 92,7%.

Pembentukan MGD diharapkan dapat menunjang pengembangan bisnis Perseroan. Nantinya MGD yang berkedudukan di Jakarta Timur akan bergerak dalam bidang pengangkutan dan pergudangan, aktivitas keuangan dan asuransi, informasi dan komunikasi, dan perdagangan eceran.

Sementara itu, dari sisi kinerja, EPMT berhasil membukukan kinerja positif hingga paruh pertama tahun 2021. Penjualan bersih meningkat dari Rp11,5 triliun menjadi Rp12,2 triliun. Sementara itu, laba bersih melonjak dari Rp322 miliar menjadi Rp415 miliar. Pada sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin, 6 September 2021, saham EPMT berada di level Rp2.310 per lembar saham atau meningkat sekitar 8% sejak awal tahun 2021.      

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama