Kucurkan Rp402,03 Miliar, Wijaya Karya (IDX: WIKA) Kuasai Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ)

Kucurkan Rp402,03 Miliar, Wijaya Karya (IDX WIKA) Kuasai Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ) investasimu.com

Foto: Wijaya Karya

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (IDX: WIKA) menyampaikan bahwa Perseroan melakukan peningkatan modal disetor pada PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ) sebesar Rp402,03 miliar yang dicatat sebagai uang muka setoran modal dan bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp402 miliar dan kas internal Perseroan sebesar Rp30 juta. Peningkatan modal disetor tersebut merupakan pemenuhan kewajiban belanja modal (capex) bagian Perseroan atas rencana investasi pada WTJJ dan telah memperoleh persetujuan dalam keputusan sirkuler pemegang saham WTJJ.

WTJJ sendiri merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh WIKA, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (IDX: JKON), dan PT Tirta Gemah Ripah (TGR) yang bergerak dalam bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPM) Jatiluhur. Di dalam WTJJ, JKON memegang porsi kepemilikan terbesar sebanyak 60% sementara sisanya dimiliki oleh WIKA sebesar 30% dan TGR sebesar 10%.

Kucuran modal yang dilakukan oleh WIKA sejalan dengan rencana WIKA untuk meningkatkan kepemilikannya di WTJJ dari 30% menjadi 80%. Untuk tujuan tersebut, WIKA harus mengucurkan dana sebesar Rp31,4 miliar yang terdiri dari Rp21 miliar atas porsi kepemilikan Perseroan sebesar 30% dan Rp10,4 miliar yang merupakan porsi kepemilikan JKON dan TGR yang tidak dieksekusi keduanya. Setoran modal sebesar Rp31,4 miliar dibayarkan melalui konversi uang muka setoran modal sebesar Rp402,3 miliar tersebut. Sementara itu, atas sisa uang muka setoran modal berjumlah Rp370,63 miliar akan dilakukan penyetoran berdasarkan permintaan WTJJ melalui konversi.

Dengan demikian, pada akhirnya WIKA akan menjadi pemegang saham pengendali di WTJJ dengan kepemilikan sebesar 80%. Sementara itu, kepemilikan JKON akan terdilusi dari 60% menjadi 17,44% dan kepemilikan TGR terdilusi dari 10% menjadi 2,56%.

Dalam dokumen keterbukaan informasi yang dirilis oleh Perseroan, peningkatan modal disetor pada WTJJ sejalan dengan upaya Perseroan untuk mengembangkan usahanya di bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui WTJJ. Selain itu, transaksi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan Perseroan, yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah sekaligus memberikan dividen bagi pemegang saham.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama