Medikaloka Hermina (IDX: HEAL) Siapkan Rp30 Miliar untuk Buyback Saham

Medikaloka Hermina (IDX HEAL) Siapkan Rp30 Miliar untuk Buyback Saham

Foto: Medikaloka Hermina

PT Medikaloka Hermina Tbk. (IDX: HEAL) mengumumkan rencana pembelian kembali saham Perseroan (shares buyback). Dalam keterbukaan informasi yang dirilis Perseroan, jumlah saham yang akan dibeli kembali adalah maksimal sebanyak 25 juta lembar saham dengan nilai nominal maksimal sebesar Rp30 miliar.

Pembelian kembali saham Perseroan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 3 September 2021 sampai dengan 1 Oktober 2021. Dalam pelaksanaannya, Perseroan membatasi harga pembelian kembali saham tidak melebihi Rp1.300 per lembar saham.

Perseroan mengungkapkan bahwa pembelian kembali saham diharapkan dapat menstabilkan harga saham dalam kondisi pasar yang masih berada dalam kondisi yang fluktuatif. Selain itu, pembelian kembali saham dipandang Perseroan dapat memberikan fleksibilitas bagi Perseroan dalam mengelola modal jangka panjang mengingat saham yang telah dibeli kembali (treasury shares) dapat dijual kembali di masa mendatang dengan harga optimal apabila Perseroan membutuhkan penambahan modal.

Saham HEAL sendiri ditutup menguat 2,88% ke level Rp1.250 per lembar saham pada sesi perdagangan pada hari Jumat, 3 September 2021. Sebelumnya pada bulan Juli 2021 lalu, Perseroan juga telah menyetujui pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio 1 : 5.

Selain itu, Perseroan menyatakan bahwa Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk melakukan pembelian kembali saham dan pembelian kembali saham tidak akan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Meskipun jumlah saham beredar nantinya akan berkurang, laba per saham tidak berubah secara signifikan karena rencana pembelian kembali saham.

Dari sisi kinerja, Perseroan berhasil mencatatkan kinerja positif hingga semester I 2021. Pendapatan perseroan tumbuh hingga 78,6% yoy menjadi Rp3,09 triliun. Sementara itu, laba bersih melesat hingga 423% yoy menjadi Rp544,65 miliar.    

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama