Bayan Resources (IDX: BYAN) Lunasi Surat Utang USD161,47 Juta

Bayan Resources (IDX BYAN) Lunasi Surat Utang USD161,47 Juta  investasimu.com

Foto: Bayan Resources 

Investasimu.com. Emiten pertambangan batu bara, PT Bayan Resources Tbk (IDX: BYAN) mengumumkan bahwa pada tanggal 21 Oktober 2021 Perseroan telah melakukan pembelian kembali (buyback) sisa surat utang (Notes) mereka. Total dana yang dikeluarkan Perseroan untuk melunasi sisa surat utang tersebut mencapai USD161,47 juta yang bersumber dari kas internal.

Adapun rincian jumlah sisa surat utang yang dilunasi oleh Perseroan terdiri dari jumlah pokok terutang sebesar USD149,10 juta, premi yang berlaku sebesar USD10,17 juta, dan bunga yang masih harus dibayar sebesar USD2,2 juta. Dengan demikian, Perseroan telah melunasi sisa Notes yang seharusnya jatuh tempo pada tahun 2023.

Sebelumnya pada tanggal 24 Januari 2020 Perseroan menerbitkan Notes sebesar USD400 juta di Bursa Efek Singapura (SGX) dengan tenor selama 3 tahun dan tingkat bunga sebesar 6,125%. Notes tersebut dijamin dengan jaminan perusahaan dan/atau jaminan lainnya oleh Perseroan dan anak usaha Perseroan serta tunduk pada Rule 144A dan Regulation US Securities Act 1933.

Perseroan mengungkapkan bahwa pelunasan sisa Notes dilakukan setelah Perseroan melakukan evaluasi atas kondisi keuangan Perseroan dan beberapa ketentuan dari Notes yang memberlakukan beberapa pembatasan terhadap kegiatan Perseroan. Pembelian kembali sisa Notes bertujuan untuk mengurangi beban utang dan bunga Perseroan serta memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi Perseroan untuk melakukan aktivitasnya.   

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama