GoTo Tebus Saham Matahari Putra Prima (IDX: MPPA) dari Multipolar Rp355 Miliar

GoTo Tebus Saham Matahari Putra Prima (IDX MPPA) dari Multipolar Rp355 Miliar investasimu.com

Foto: GoTo 

Investasimu.com. Setelah sebelumnya dikabarkan akan ikut bergabung menjadi pemodal di PT Matahari Putra Prima Tbk. (IDX: MPPA), GoTo akhirnya merealisasikan rencananya dengan menebus 507 juta lembar saham pengelola Hypermart tersebut dari PT Multipolar Tbk. (IDX: MLPL) pada tanggal 4 Oktober 2021. Dengan demikian, GoTo melalui PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB) secara resmi memiliki 6,74% saham MPPA.

Dalam laporan yang disampaikan oleh MPPA kepada Bursa, AKAB membeli saham MPPA dari MLPL dengan harga pembelian sebesar Rp700 per lembar saham. Dengan demikian, total dana yang dikeluarkan oleh AKAB untuk pembelian saham tersebut mencapai Rp355 miliar.

Baik AKAB maupun MLPL dalam surat terpisah membenarkan transaksi tersebut. AKAB dalam suratnya menyebutkan tujuan dari transaksi adalah untuk investasi. Sementara MLPL menyebutkan penjualan saham MPPA yang dimilikinya kepada AKAB bertujuan memperluas investor skala besar dalam MPPA dan untuk investasi kembali. Setelah transaksi, kepemilikan perusahaan investasi Grup Lippo tersebut menyusut dari 38,33% menjadi 31,59%.

Informasi masuknya GoTo sebagai salah satu pemegang saham MPPA direspons berbeda oleh para pelaku pasar. Pada perdagangan pada hari Kamis, 7 Oktober 2021, saham MPPA justru melemah hingga 6,94%.  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama