Indika Energy dan China Navigation Tuntaskan Penjualan Mitrabahtera Segara Sejati (IDX: MBSS)

Indika Energy dan China Navigation Tuntaskan Penjualan Mitrabahtera Segara Sejati (IDX MBSS) investasimu.com

Foto: Mitrabahtera Segara Sejati 

Investasimu.com. PT Indika Energy Tbk (IDX: INDY) melalui PT Indika Energy Infrastructure (IEI) dan The China Navigation Co. Pte. Ltd. (CNCo) secara resmi telah menyelesaikan penjualan seluruh saham mereka di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. (IDX: MBSS) pada tanggal 8 Oktober 2021. Jumlah keseluruhan saham yang dijual sebesar 1,34 miliar lembar yang merepresentasikan 76,68% dari total modal ditempatkan dan disetor di MBSS.

Adapun pihak yang menjadi pembeli saham MBSS tersebut adalah PT Galley Adhika Arnawama (GAA). GAA merupakan suatu perseroan terbatas yang didirikan dan menjalankan kegiatan usahanya secara sah berdasarkan hukum Indonesia. Berdasarkan dokumen Anggaran Dasar, GAA menjalankan kegiatan usaha di bidang angkutan laut.

Penyelesaian transaksi penjualan saham tersebut merupakan tindak lanjut dari telah terpenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement - CSPA) yang ditandatangani pada tanggal 6 Agustus 2021 sebagaimana ditambahkan dengan Perjanjian Tambahan Terhadap CSPA pada tanggal 6 Oktober 2021. Penandatanganan CSPA sendiri telah diumumkan kepada publik pada tanggal 9 Agustus 2021.

Dengan demikian, penyelesaian transaksi mengakibatkan GAA kini menjadi pengendali baru MBSS. Sebelumnya GAA telah memiliki 5,82% saham MBSS sehingga kepemilikannya meningkat menjadi sebesar 82,5%. Sementara itu, sisanya sebesar 27,5% (atau berubah tergantung pelaksanaan tender offer) dimiliki oleh publik.

Tuntasnya akuisisi MBSS oleh GAA direspons positif oleh para pelaku pasar. Pada perdagangan hari ini, Jumat, 8 Oktober 2021, harga saham MBSS menguat hingga 11,90% ke level Rp940 per lembar saham. Sejak awal tahun, harga saham MBSS telah meningkat sebesar 88%.        

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama