Profil Emiten: PT Golden Energy Mines Tbk. (IDX: GEMS)

Profil Emiten PT Golden Energy Mines Tbk. (IDX GEMS) investasimu.com

Foto: Golden Energy Mines              

Investasimu.com. PT Golden Energy Mines Tbk. (IDX: GEMS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan hasil tambang dan jasa pertambangan. Pada tanggal 13 Maret 1997 Perseroan didirikan dengan nama PT Bumi Kencana Eka Sakti yang kemudian berubah nama menjadi PT Golden Energy Mines Tbk pada tanggal 16 November 2010.

Pada tanggal 10 Desember 2009, Perseroan diakuisisi oleh PT Dian Swastatika Sentosa Tbk melalui pengambilalihan 99,998% saham Perseroan dari PT Gerbangmas Tunggal Sejahtera. Akuisisi tersebut telah dicatat dalam Akta No. 40 tanggal 10 Desember 2009 yang dibuat di hadapan Notaris Linda Herawati, SH, notaris di Jakarta. Bergabungnya PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dalam struktur pemegang saham secara tidak langsung menjadikan Perseroan sebagai bagian dari Grup Sinar Mas.

Setelah menjadi bagian dari Grup Sinar Mas, beberapa langkah strategis bisnis terus dilakukan. Dalam rangka memperluas jangkauan usaha, Perseroan mengakuisisi beberapa wilayah penambangan baru yang terletak di wilayah Jambi dan Kalimantan Tengah. Perseroan memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Khusus untuk Pengangkutan dan Penjualan Batubara sejak tahun 2011 dan diperbaharui pada tahun 2018. 

Melalui IPO, GMR Coal Resources Pte. Ltd. (sebelumnya bernama GMR Infrastructure Investments (Singapore) Pte. Ltd.) (GMR), yang merupakan anak perusahaan GMR Group, sebuah kelompok usaha infrastruktur terkemuka di India menjadi investor strategis Perseroan dengan memegang/memiliki 30% (tiga puluh persen) saham dari seluruh modal yang disetor dan ditempatkan oleh Perseroan. Sebelumnya, pada tanggal 11 Agustus 2011, Perseroan dan GMR Coal Resources Pte Ltd menandatangani Perjanjian Jual Beli Batubara yang selanjutnya diamandemen pada 14 September 2017 untuk jangka waktu 25 tahun sejak pengiriman batubara pertama. Perjanjian tersebut didukung dengan Perjanjian Penunjang Jual Beli Batubara antara Entitas Anak dengan Perseroan dan GMR Coal Resources Pte Ltd yang mengatur dukungan ketersediaan batubara dari Entitas Anak kepada Perseroan dan GMR Coal Resources Pte Ltd.

Perubahan Pemegang Saham kembali terjadi pada tanggal 20 April 2015. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk mengalihkan sebanyak 66,9998% saham yang dimilikinya kepada Golden Energy and Resources Limited, perusahaan yang berkedudukan di Singapura dan merupakan Entitas Anak PT Dian Swastatika Sentosa Tbk.

Perseroan memiliki 5 wilayah konsesi utama, yang dapat dipisahkan menjadi wilayah konsesi berdasarkan izin yang dimiliki oleh anak usahanya yang masing-masing berlokasi di Kalimantan Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Golden Energy Mines Tbk
KodeGEMS
Alamat KantorSinar Mas Land Plaza, Tower II, Lantai 6 Jl. MH Thamrin No. 51 Jakarta Pusat 10350
Alamat Emailcorsec@goldenenergymines.com
Situshttps://www.goldenenergymines.com
Telepon 02150186888
Faks021-31990319
NPWP01.831.727.1-021.000
Tanggal IPO17 Nov 2011
Bidang Usaha UtamaPertambangan batubara melalui anak perusahaan dan perdagangan batubara
SektorEnergi
Sub SektorMinyak, Gas, dan Batu Bara
IndustriBatu Bara
Sub IndustriProduksi Batu Bara

Data Pemegang Saham (30 Juni 2021)


NoPemegang SahamPersentase
1Golden Energy and Resources Limited 62,5%
2GMR Coal Resources Pte Ltd30%
3PT Sinar Mas Cakrawala0,00%
3Publik7,5%

Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama