Profil Emiten: PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (IDX: SIDO)

Profil Emiten PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (IDX SIDO) investasimu.com


Foto: Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul   

Investasimu.com. Sejarah PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (IDX: SIDO) dimulai dari usaha rumahan dengan tiga orang karyawan yang dirintis oleh Ibu Rahmat Sulistio pada tahun 1930an di Yogyakarta. Pada tahun 1940, Ibu Rahmat Sulistio untuk pertama kalinya meracik ramuan jamu godogan untuk masuk angin yang dinamakan “Tolak Angin”. Kemudian di tahun 1951, sebuah pabrik jamu sederhana didirikan di jalan Mlaten Trenggulun, Semarang, dengan nama “Sido Muncul” yang artinya “Impian yang Terwujud”. 

Hampir 20 tahun kemudian, pada tahun 1970, dibentuk persekutuan komanditer dengan nama CV Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul yang kemudian diubah di tahun 1975 menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul. Seiring dengan pengembangan skala usaha, kapasitas produksi pabrik di Jalan Mlaten Trenggulun tidak mampu lagi memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Oleh karena itu, pada tahun 1984, Sido Muncul memindahkan lokasi pabrik ke Lingkungan Industri Kecil (LIK) di Jl. Kaligawe, Semarang.

Sejalan dengan kemajuan teknologi dan inovasi, Tolak Angin terus dikembangkan, dan pada tahun 1992 Sido Muncul mulai memproduksi Tolak Angin dalam bentuk cair dengan resep yang sama yang lebih praktis dan memiliki rasa yang enak. Untuk mengantisipasi kemajuan di masa yang akan datang, pada tahun 1997 Sido Muncul membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern di lahan seluas 30 hektar di Klepu, Kecamatan Bergas, Ungaran, Jawa Tengah. 

Saat peresmian pabrik, Sido Muncul sekaligus menerima 2 (dua) sertifikat, yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi. Kedua sertifikat tersebut menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.

Sido Muncul terus mengembangkan kapasitas produksi, menambah varian produk dan memperluas cakupan pasar hingga ke pasar global. Pada tahun 2018, Sido Muncul telah merampungkan pembangunan pabrik Cairan Obat Dalam II (COD II) dengan kapasitas produksi sekitar 100 juta sachet per bulan yang telah beroperasi penuh pada tahun 2019.

Produk-produk yang dihasilkan Perseroan terbagi dalam produk Herbal dan suplemen, produk Food & Beverage, dan produk Farmasi. Produk herbal unggulan antara lain Tolak Angin yang terdiri dari beberapa varian yaitu Tolak Angin Cair, Tolak Angin Cair Anak, Tolak Angin Bebas Gula dan Tolak Angin Flu, Tolak Linu Cair, Tolak Linu Mint, Jamu Komplit, Sari Kulit Manggis, dan Sari Kunyit. Pada tahun 2020, Sido Muncul meluncurkan produk softcapsule yang terdiri dari 7 macam, yaitu: Tolak Angin, Tolak Linu, Sari Kunyit, Vit E100, Vit E300, VCO, dan Vit D 400iu serta Kapsul JSH.

Produk unggulan untuk segmen Food & Beverage antara lain Kuku Bima Ener-G! dengan berbagai macam varian rasa antara lain Anggur, Mangga, Jeruk, Original, Kopi, Susu Soda, Jambu dan Nanas, Susu Jahe, Kopi Jahe, serta berbagai macam minuman kesehatan lainnya. Sedangkan produk farmasi unggulan antara lain Anacentine Sirup, Inflasone, dan Licodexon


Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk
KodeSIDO
Alamat KantorOffice Sido Muncul, Lantai 1, Gedung Hotel Tentrem, Jl. Gajahmada No. 123, Kel. Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Semarang, 50134, Indonesia
Alamat Emailinfo@sidomuncul.co.id
Situshttps://www.sidomuncul.co.id
Telepon(024) 7692 8811
Faks(024) 7692 8815
NPWP01.106.753.5-054.000
Tanggal IPO18 Des 2013
Bidang Usaha UtamaBergerak dalam bidang usaha industri jamu dan farmasi
SektorKesehatan
Sub SektorFarmasi dan Riset Kesehatan
IndustriFarmasi
Sub IndustriFarmasi

Data Pemegang Saham (31 Desember 2020)


NoPemegang SahamPersentase
1PT Hotel Candi Baru81%
2Saham Treasury18,22%
3Publik0,78%

Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama