Profil Emiten: PT Ratu Prabu Energi Tbk (IDX: ARTI)

Profil Emiten PT Ratu Prabu Energi Tbk (IDX ARTI) investasimu.com

Foto: Perusahaan Gas Negara 

Investasimu.com. PT. Ratu Prabu Energi Tbk (IDX: ARTI) berdiri pada tanggal 31 Maret 1993 dengan nama PT. Arona Binasejati dan pada awalnya bergerak dalam bidang industri manufaktur wooden furniture, yaitu industri perabot dan kelengkapan rumah tangga yang terbuat dari kayu, bambu dan rotan dengan menitikberatkan pada produksi furniture outdoor dengan tujuan pasar Belanda dan Kanada. Sesuai dengan perkembangan pasar internasional pada pertengahan 2002 Perseroan melakukan diversifikasi produk yaitu furniture indoor yang menggunakan bahan baku kayu pinus dan kayu karet, sehingga Perusahaan juga berhasil memperluas tujuan pasarnya ke Amerika, Australia dan Asia.

Pada tahun-tahun berikutnya Perseroan mulai mengalami kendala-kendala dalam produksinya karena ketersediaan bahan baku. Situasi tersebut menyebabkan sulitnya pengadaan bahan baku dan meningkatnya harga produksi yang berakibat pada tingginya harga pokok penjualan. Perseroan pun mengalami kerugian, arus kas negatif dari kegiatan usahanya, maka pada bulan April 2007 Perseroan menghentikan kegiatan operasionalnya dan seluruh karyawan dirumahkan.

Pada tahun 2008, melalui manajemen baru (pihak lain) mengakuisisi (backdoor listing) PT. Arona Binasejati, Tbk yang sekaligus secara legal dan operasional melakukan perubahan lini bisnis dari furniture ke bidang energi dan berganti nama menjadi PT. Ratu Prabu Energi Tbk. Terdapat 2 (dua) pertimbangan utama perubahan lini usaha ke bidang Migas. Pertama karena manajemen baru merupakan pengusaha berpengalaman yang telah berkecimpung puluhan tahun dibidang energi. Alasan kedua karena bidang usaha investasi dibidang energi dinilai mempunyai prospek usaha yang cukup baik pada saat itu dan dimasa yang akan datang.

Sebagai langkah awal perubahan kegiatan usaha, Perseroan melakukan akuisisi sebesar 99,99% saham PT. Lekom Maras yaitu sebuah Perusahaan bergerak dibidang oil & gas baik produksi maupun jasa. PT. Lekom Maras sendiri telah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1975, dengan bisnis awalnya adalah Non Destructive Testing (NDT) yaitu aktivitas pengujian terhadap tingkat kerusakan suatu alat/obyek untuk memastikan apakah alat tersebut masih layak digunakan atau tidak. Kemudian PT. Lekom Maras berkembang dan mulai memperluas jasa layanan dengan melakukan diversifikasi horizontal yaitu dengan membentuk bidang (unit) usaha baru yang secara produk masih memiliki keterkaitan divisi Tubular Service Division (TSD) pada tahun 1991 lalu tahun 1997 mendirikan divisi yang fokus pada pengadaan alat-alat berat pertambangan untuk disewakan seperti rig dengan membentuk divisi Hydraulic Work Over (HWO).

Selain bidang jasa minyak dan gas, dalam rangka memperkuat bisnis utama maka sejak tahun 2001 PT. Lekom Maras memperluas usahanya dengan masuk ke bidang properti. Perusahaan telah membangun 2 (dua) gedung untuk disewakan sebagai perkantoran di kawasan strategis di Jalan TB. Simatupang, Jakarta selatan yaitu gedung Ratu Prabu 1 (RP1) dan gedung Ratu Prabu 2 (RP2). 

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Ratu Prabu Energi Tbk
KodeARTI
Alamat KantorGedung Ratu Prabu 1, lantai 9 Jl. TB. Simatupang, Kav. 20 Cilandak Jakarta Selatan 12560, Indonesia
Alamat Emailcorsec@ratuprabuenergi.com
Situswww.ratuprabuenergi.com
Telepon+62 21 7883 6836
Faks+62 21 7808 037
NPWP01.703.684.9-054.000
Tanggal IPO30 Apr 2003
Bidang Usaha UtamaCrude Petroleum and Natural Gas Production
SektorEnergi
Sub SektorMinyak, Gas, dan Batu Bara
IndustriPendukung Minyak, Gas, dan Batubara
Sub IndustriJasa Perlengkapan Minyak, Gas, dan Batubara

Data Pemegang Saham (31 Maret 2021)


NoPemegang SahamPersentase
1PT Ratu Prabu33,06%
2Dana Pensiun Bukit Asam9,38%
3Publik57,57%

Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama