Profil PT Champ Resto Indonesia Tbk (IDX: ENAK)

Profil PT Champ Resto Indonesia Tbk (IDX ENAK) investasimu.com


Foto: Champ Resto Indonesia 

Investasimu.com. PT Champ Resto Indonesia Tbk (IDX: ENAK) didirikan berdasarkan Akta Perseroan Terbatas PT Champ Resto Indonesia Nomor 20 tanggal 22 Maret 2010, yang dibuat di hadapan Catherina Situmorang, S.H., Notaris di Jakarta. Berdasarkan ketentuan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, maksud dan tujuan Perseroan adalah berusaha dalam bidang restoran, perdagangan besar kopi, teh dan kakao, perdagangan besar produk roti dan perdagangan besar makanan dan minuman lainnya. 

Perseroan merupakan platform food & beverage yang berfokus pada segmen fast casual dining yang bertumbuh pesat di Indonesia. Masing-masing merek restoran Perseroan menawarkan hidangan yang berbeda namun tetap dalam filosofi yang sama yaitu menyajikan makanan dan layanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Merek-merek restoran Perseroan yaitu Gokana, Raa Cha, Platinum, Chopstix, dan Monsieur Spoon. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan mengoperasikan 273 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Gokana yang beroperasi sejak tahun 2004 memposisikan dirinya sebagai restoran Jepang full service dengan spesialisasi ramen, teppan, dan bento yang menyediakan tempat yang nyaman dengan berbagai variasi masakan Jepang dengan citarasa Indonesia yang gurih, lezat, halal, dan dengan harga terjangkau. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki 116 outlet Gokana, yang tersebar di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.

Raa Cha yang beroperasi sejak tahun 2006 menyajikan cara bersantap baru, dilengkapi alat masak yang personal dan unik yang mengusung konsep self service dengan menu rebusan (suki) dan bakaran (BBQ) yang segar, enak dan sehat. Raa Cha memiliki banyak variasi menu mulai dari sayuran, suki, daging BBQ dengan lima pilihan saus spesial dan tiga pilihan kuah suki. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki 96 outlet Raa Cha yang tersebar di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa. 

Baso Malang Karapitan atau Baso, Mie, Kopi (BMK) sejak awal berdirinya di tahun 1997 menyuguhkan berbagai variasi menu tradisional Indonesia yang lezat dan dikelola secara higienis dan mengikuti standar halal. Tidak hanya menyajikan berbagai variasi baso, BMK selalu melakukan inovasi produk dengan menambahkan menu lainnya seperti bakmi, nasi, dan soto. Pada awal tahun 2019, BMK hadir dengan konsep baru dan terinspirasi dari makanan dan minuman street food di Indonesia yaitu baso, mie dan kopi. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki 26 outlet BMK yang tersebar di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 

Platinum yang beroperasi sejak tahun 2003 sudah dikenal luas oleh pecinta kuliner di Indonesia sebagai restoran halal yang menghadirkan resep internasional yang terinspirasi oleh budaya-budaya yang beragam dari seluruh dunia, dari resep oriental, barat, hingga resep klasik Indonesia dengan harga terjangkau. Beberapa menu andalan Platinum adalah Nasi Goreng XO, Set Steamboat dan Ayam Hainan, dan Combo Steak. Pada tahun 2020, Perseroan menghadirkan konsep baru Platinum, yaitu Platinum Grill, yang menawarkan menu dan suasana yang lebih premium untuk kelas menengah – atas. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki 18 outlet Platinum yang tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. 

Pada tanggal 12 September 2019, Perseroan telah mengambil alih aset Chopstix untuk melengkapi jenis makanan yang belum dimiliki Perseroan dan mendukung pertumbuhan dan operasional Perseroan melalui sinergi dan efisiensi biaya. Dengan tema modern Asian food, Chopstix menawarkan konsep halal fast casual dining dengan harga terjangkau dan dikenal sebagai spesialisasi masakan Asia. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki dan mengoperasikan 9 outlet Chopstix yang tersebar di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

Perseroan juga telah melakukan pengambilalihan Monsieur Spoon di tahun 2019. Monsieur Spoon terkenal dengan roti croissant, kopi, dan kue khas negara Perancis dengan harga terjangkau dan produk berkualitas tinggi yang telah disesuaikan dengan pasar Indonesia tanpa menghilangkan cita rasa asli dari negara asalnya. Per tanggal 15 Januari 2022, Monsieur Spoon memiliki 7 outlet milik sendiri dan 1 dalam bentuk kerja sama profit sharing antara Perseroan dengan pihak ketiga yang seluruhnya tersebar di Bali (Umalas, Canggu, Ubud, Seminyak, Petitenget, dan Pererenan) dan Jakarta.

Perseroan menerapkan prosedur operasi standar agar proses bisnis menjadi lebih efisien, yaitu dengan standarisasi menu dan proses pembuatan dan/atau persiapan makanan dan minuman yang dibuat oleh Dapur Utama. Oleh karena itu, Perseroan tidak tergantung pada juru masak khusus dan meminimalisasi risiko saat juru masak berhenti kerja dan mempermudah persiapan pembukaan outlet baru. Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan memiliki dua fasilitas Dapur Utama yang berlokasi di Bandung yang dioperasikan oleh Perseroan untuk mengolah bahan baku mentah menjadi produk setengah jadi untuk dikirimkan ke Dapur Penunjang, gudang, dan outlet-outlet tertentu dan satu gudang yang berlokasi di Bekasi. Perseroan juga memiliki  lima Dapur Penunjang (Cirebon, Surabaya, Bali, Makassar, dan Medan) untuk menerima bahan baku mentah ataupun hasil olahan dari Dapur Utama sebelum dikirimkan ke outlet-outlet Perseroan.          

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Champ Resto Indonesia Tbk
KodeENAK
Alamat KantorJl. Raya Tanjung Barat No. 81A RT 002/04, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Indonesia
Alamat Emailcorpsec@champ-group.com
Situswww.champ-group.com
Telepon+62 21 39832178
Faks+62 21 39832179
NPWP31.182.319.9-017.000
Tanggal IPO8 Feb 2022
Bidang Usaha UtamaBergerak dalam bidang restoran
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorJasa Konsumen
IndustriPariwisata dan Rekreasi
Sub IndustriRumah Makan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama