Profil PT Emdeki Utama Tbk (IDX: MDKI)

Profil PT Emdeki Utama Tbk (IDX MDKI) investasimu.com


Foto: Emdeki Utama 

Investasimu.com. PT Emdeki Utama Tbk (IDX: MDKI) didirikan berdasarkan Akta Pendirian No. 33 tanggal 17 Maret 1981 yang dibuat di hadapan Bagijo, S.H., Notaris di Jakarta, pada saat itu sebagai pengganti sementara dari Notaris Hobropoerwanto, S.H. oleh para pendiri group PT Metropolitan Development untuk memproduksi Kalsium Karbit (Calcium Carbide - CaC2) dengan tujuan substitusi impor yang pada waktu itu berasal dari negara-negara Afrika Selatan, Cina, Polandia dan Taiwan. Untuk memproduksi Kalsium Karbida sebagai substitusi impor, Perseroan membangun fasilitas produksi di atas lahan seluas 14 hektar di Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. Perseroan mulai produksi percobaannya pada tanggal 10 November 1987, disusul dengan produksi komersialnya yang dimulai pada tanggal 1 Februari 1988. 

Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah industri karbit dan perbengkelan. Sejak tanggal 26 Juli 2019, kegiatan utama Perseroan adalah menjalankan usaha dalam bidang industri kimia dasar anorganik, pembuatan logam dasar bukan besi, pergudangan dan penyimpanan, perdagangan besar bahan dan barang kimia dasar. Perseroan bergerak dalam bidang industri kalsium karbida dan ferroalloy. Saat ini, pendapatan utama Perseroan berasal dari penjualan kalsium karbida, serta dari Entitas Anak yang bergerak di bidang manufaktur pendingin ruangan (air conditioner dan refriegeration).

Perseroan merupakan perusahaan Indonesia pertama dan satu-satunya yang memproduksi kalsium karbida (CaC2), atau karbit, yaitu senyawa kimia berbentuk kristal padat berwarna abu-abu kehitaman yang digunakan untuk menghasilkan gas asetilena (C2H2). Gas asetilena adalah gas yang mudah terbakar dan mampu menghasilkan panas tinggi sehingga dapat digunakan untuk memotong dan mengelas besi dan baja pada industri perkapalan, pertambangan, karoseri mobil (otomotif) serta industri kecil. Dalam industri peleburan besi-baja dan dalam industri pertambangan (emas, nikel, tembaga, dll), karbit juga digunakan sebagai “desulfurizing agent” dalam peleburan besi-baja, untuk memisahkan impurities dari logam-logam tersebut. Karbit juga digunakan pada pengelasan dan dapat juga digunakan untuk mempercepat pematangan buah.

Produk Perseroan ditujukan untuk pasar domestik dan ekspor. Produk untuk pasar domestik adalah karbit bungkus (karbit box) dan karbit drum. Sedangkan produk khusus untuk pasar ekspor adalah karbit drum khusus ekspor.            

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Emdeki Utama Tbk
KodeMDKI
Alamat KantorJl. Raya Krikilan No. 294, RT 011, RW 005, Krikilan, Driyorejo, Gresik 61177, Jawa Timur, Indonesia
Alamat Emailcorsec@emdeki.co.id
Situswww.emdeki.co.id
Telepon(+62-31) 7507001 / 7508155
Faks(+62-31) 7507234
NPWP01.060.211.8-641.000
Tanggal IPO25 Sep 2017
Bidang Usaha UtamaBergerak dalam industri kalsium karbida dan ferro alloy
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriBarang Kimia
Sub IndustriBarang Kimia Dasar


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama