Profil PT Bank Pan Indonesia Tbk (IDX: PNBN)

Profil PT Bank Pan Indonesia Tbk (IDX PNBN) investasimu.com


Foto: Bank Pan Indonesia 

Investasimu.com. PT Bank Pan Indonesia Tbk (IDX: PNBN) atau yang dikenal dengan sebutan Bank Panin didirikan dengan nama PT Pan Indonesia Bank Ltd. dari penggabungan usaha Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaja dan Bank Industri dan Dagang Indonesia pada 1971 dengan Akte No. 85 dibuat dihadapan Julian Nimrod Siregar gelar Mangaradja Namora S.H., Notaris di Jakarta. Selanjutnya, Perseroan melakukan penggabungan usaha dengan empat bank swasta, yaitu PT Bank Lingga Harta, Bank Abadi Djaja, Bank Pembangunan Ekonomi dan Bank Pembangunan Sulawesi. Perseroan juga meningkatkan pengembangan usahanya dan melakukan kerja sama dengan institusi keuangan internasional Dai-Ichi Kangyo Bank, Jepang, kemudian Credit Lyonnais Perancis, Westpac Banking Corporation Australia yang kemudian diambil alih oleh ANZ Banking Group.

Tahun 1982 merupakan tonggak penting dalam sejarah Perseroan karena pada tahun itu, Perseroan melakukan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Aksi korporasi itu menjadikan Perseroan sebagai bank pertama di Indonesia yang melantai di bursa dan kemudian nama Perseroan juga disesuaikan menjadi PT Bank Pan Indonesia Tbk. 

Sesuai dengan anggaran dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah menjalankan usaha bank umum dalam arti kata seluas-luasnya di dalam maupun di luar negeri. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 18 Agustus 1971, sesuai dengan izin usaha yang diberikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. KEP-205/DDK/II/8/1971 tanggal 18 Agustus 1971. Sesuai dengan Surat Keputusan Bank Indonesia No. 5/2-Kep.Dir. tanggal 21 April 1972, Perseroan telah mendapat persetujuan menjadi bank devisa. Hingga akhir 2020, Perseroan memiliki 57 kantor cabang di Indonesia dan 1 kantor perwakilan di Singapura. 

Perseroan merupakan bagian dari Grup Panin dan merupakan anak usaha dari PT Panin Financial Tbk (IDX: PNLF). Perseroan memiliki (1) dua entitas anak yaitu PT Clipan Finance Indonesia Tbk (IDX: CFIN) yang merupakan perusahaan pembiayaan dan PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (IDX: PNBS) yang bergerak di sektor perbankan; (2) dua entitas asosiasi yakni PT Verena Multi Finance Tbk (IDX: VRNA) yang merupakan perusahaan pembiayaan dan PT Panin Sekuritas Tbk (IDX: PANS) yang merupakan perusahaan investasi; dan (3) penyertaan di empat entitas yaitu PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (IDX: AMAG) di segmen asuransi,  PT FAC Sekuritas Indonesia yang merupakan perusahaan investasi, PT Sarana Kalsel Ventura yang merupakan perusahaan modal ventura, dan PT Bank ANZ Indonesia yang bergerak di sektor perbankan.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Bank Pan Indonesia Tbk
KodePNBN
Alamat KantorPanin Bank Center, Jl.Jend.Sudirman - Senayan, Jakarta 10270, Indonesia
Alamat Emailpanin@panin.co.id
Situswww.panin.co.id
Telepon021-5735555 / 021-2700545
Faks021-2700340
NPWP01.312.166.0-091.000
Tanggal IPO29 Des 1982
Bidang Usaha UtamaJasa Perbankan
SektorKeuangan
Sub SektorBank
IndustriBank
Sub IndustriBank


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama