Profil PT Pakuwon Jati Tbk (IDX: PWON)

Profil PT Pakuwon Jati Tbk (IDX: PWON) investasimu.com


Foto: Pakuwon Jati 

Investasimu.com. PT Pakuwon Jati Tbk (IDX: PWON) didirikan pada tanggal 20 September 1982 berdasarkan Akta No. 281 yang dibuat di hadapan Notaris Kartini Muljadi, S.H. di Jakarta. Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan, kegiatan usaha Perseroan secara umum terdiri atas Divisi Komersial yang meliputi segmen persewaan pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, dan apartemen servis, Divisi Hospitality berupa hotel, serta Divisi Residensial yang terdiri atas pengembangan hunian vertikal (high-rise) maupun horisontal (landed). Perseroan mulai melakukan kegiatan usaha secara komersial pada bulan Mei 1986. 

Melalui empat kawasan superblok yang saat ini dimiliki, yaitu Gandaria City dan Kota Kasablanka di Jakarta serta Tunjungan City dan Pakuwon Mall di Surabaya, Perseroan berhasil memadukan kombinasi segmen persewaan pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, hotel dan hunian vertikal dalam suatu kawasan superblok yang terpadu sehingga memberikan daya saing bagi Perseroan

Pusat perbelanjaan milik Perseroan meliputi Gandaria City, Kota Kasablanka, dan Blok M Plaza yang berada di Jakarta serta Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Royal Plaza, dan EastCoast Center yang rebranding menjadi Pakuwon City Mall di Surabaya. Selain itu, Perseroan juga memiliki Hartono Mall Yogyakarta dan Hartono Mall Solo yang berlokasi di Jawa Tengah.

Gedung perkantoran sewa yang dikelola Perseroan terdiri dari Gandaria 8 Office, Kota Kasablanka Tower A dan B, dan Pakuwon Tower yang berlokasi di Jakarta; serta Pakuwon Tower dan Pakuwon Center yang berada di kawasan superblok Tunjungan Plaza, Surabaya. Dari 6 office tersebut, 5 di antaranya merupakan gedung perkantoran dengan skema kepemilikan strata-title, di mana sebagian luas area disewakan dan sebagian dijual kepada customer, sedangkan gedung perkantoran Kota Kasablanka Tower B untuk disewakan seluruhnya. Selain itu, Perseroan juga mengoperasikan dua apartemen servis, yaitu Ascott Waterplace Surabaya yang berada di kawasan superblok Pakuwon Mall dan apartemen servis Somerset Berlian Jakarta.

Perseroan mengoperasikan 6 (enam) hotel berbintang, yaitu Sheraton Surabaya Hotel dan Towers (bintang 5) dan Four Points (bintang 4) yang berada di superblok Tunjungan City, Surabaya, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City (bintang 5), Four Points (bintang 4) dan The Westin Surabaya (bintang 5) di kawasan superblok Pakuwon Mall yang baru diresmikan pada bulan Desember 2020, serta Marriott Hotel Yogyakarta (bintang 5) yang baru diakuisisi pada bulan November 2020. 

Pengembangan kawasan hunian vertikal yang telah selesai dan diserahkan kepada pembeli mencakup beberapa tower apartemen, yaitu tower Gandaria Heights di superblok Gandaria City, tower Casa Grande dan tower apartemen Angelo, Bella dan Chianti di superblok Kota Kasablanka, tower TP Residence dan tower apartemen One Icon Residence di kawasan superblok Tunjungan Plaza, tower Orchard & Tanglin, tower La Riz, dan tower Anderson di superblok Pakuwon Mall, serta tower Educity yang berada di kota mandiri Pakuwon City. Pada tahun 2020, Perseroan telah melakukan serah terima secara bertahap untuk tower Banson, serta serah terima secara bertahap untuk tower La Vis. Di samping itu, Perseroan juga telah memulai tahap serah terima untuk tower Amor di EastCoast Mansion. Strategi pengembangan kawasan hunian horizontal dengan konsep kota mandiri (township) dijalankan melalui pengembangan 2 (dua) kota mandiri, yaitu Pakuwon City di Surabaya Timur dan Grand Pakuwon di Surabaya Barat. Pengembangan kota mandiri mencakup komponen hunian yang dibangun dan dikelola dalam bentuk klaster-klaster, kawasan pendidikan, dan area komersial, dengan dukungan infrastruktur dan fasilitas penghuni yang berkelas.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Pakuwon Jati Tbk
KodePWON
Alamat KantorEastCoast Center Lantai 5 Pakuwon Town Square-Pakuwon City Jl. Kejawan Putih Mutiara 17 Surabaya, Indonesia
Alamat EmailMinartobasuki@pakuwon.com reniepoegoeh@pakuwon.com
Situswww.pakuwonjati.com
Telepon(031) 58208788
Faks(031) 58208798
NPWP01.232.504.9-054.000
Tanggal IPO9 Okt 1989
Bidang Usaha UtamaProperty dan Real Estate
SektorProperti & Real Estat
Sub SektorProperti & Real Estat
IndustriPengelola & Pengembang Real Estat
Sub IndustriPengembang & Operator Real Estat


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama