Profil PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: CSAP)

Profil PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX CSAP) investasimu.com


Foto: Catur Sentosa Adiprana 

Investasimu.com. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: CSAP) didirikan berdasarkan akta notaris Hendra Karyadi, S.H., No. 93 tanggal 31 Desember 1983. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah menjalankan usaha di bidang perdagangan barang hasil produksi, terutama bahan bangunan dan barang-barang konsumsi. Perseroan mulai beroperasi secara komersial sejak tahun 1983.

Sejarah Perseroan dimulai di tahun 1966 saat Eka Santosa bersama dengan Darmawan Putra Totong membuka toko cat kecil berukuran 40m² di Jalan Gajah Mada, Jakarta. Toko ini diberi nama "Toko Tjat Sentosa" yang menjual berbagai jenis produk cat. Setelah usaha bertumbuh mereka memperbesar usaha dengan menjual ragam produk bahan bangunan lainnya yang lebih bervariasi.

Seiring dengan perkembangan usaha, pada tahun 1970, Budyanto Totong dan Totong Kurniawan bergabung dalam usaha dan bersama dengan saudara-saudaranya membuat rencana yang lebih luas. Mereka melihat peluang dalam area pemasaran dan pendistribusian. Ini adalah permulaan dari CSA distribusi bahan bangunan.

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1997 Budyanto Totong melihat adanya kesempatan di sektor ritel moderen dengan memperkenalkan konsep "One Stop Shopping" bahan bagunan di Indonesia dengan brand Mitra10. Sektor ini dikembangkan dengan tujuan untuk menangkap peluang adanya perubahan pola berbelanja dari tradisional ke moderen, memperkuat sinergi dengan pemasok, transaksi yang berbasis tunai, dan memberikan margin keuntungan yang lebih tinggi..

Perseroan telah berkembang menjadi perusahaan publik yang telah memiliki 42 cabang distribusi bahan bangunan, 4 cabang distribusi kimia, 38 area distribusi consumer goods, 39 toko ritel modern Mitra10 (termasuk tambahan 1 toko baru di Banjarmasin juni 2021) dan 13 showroom ritel moderen Atria, yang tersebar di seluruh Indonesia. Perkembangan Perseroan tidak terlepas dari kerja sama dari lebih dari 8.918 karyawan, dan kepercayaan lebih dari 800 prinsipal, yang melayani lebih dari 200.000 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan juga diperkuat oleh lebih dari 600 armada serta gudang dengan luas ± 200.000 m2.

Bisnis Perseroan terbagi ke dalam beberapa segmen yaitu:

Segmen Distribusi Bahan Bangunan

Distribusi bahan bangunan berada dibawah PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSA) (holding sekaligus operating Company) dan Entitas Anaknya (PT Catur Aditya Sentosa, PT Catur Logamindo Sentosa, PT Catur Hasil Sentosa, PT Catur Adiluhur Sentosa dan PT Eleganza Tile Indonesia). Saat ini dipasok lebih dari 15.000 SKU, yang merupakan jalinan kepercayaan lebih dari 40 prinsipal, yang melayani lebih dari 35.000 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan diperkuat oleh lebih dari 400 armada serta gudang dengan luas lebih dari 166.000 m2. Prinsipal utama untuk segmen distribusi bahan bangunan antara lain :

1.PT Primagraha Keramindo (Keramik)

2.PT Mulia Industrindo Tbk (Keramik, Glass & Glass Block)

3.PT Mowilex Indonesia (Cat)

4.PT Cipta Mortar Utama (Semen Mortar/Instan)

5.Foshan Happy House Building Materials Co. Ltd. (Granite Tile)

Segmen Distribusi Kimia

Distribusi kimia berada dibawah Entitas Anak PT Kusuma Kemindo Sentosa). Saat ini dipasok dengan lebih dari 1.100 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama lebih dari 100 prinsipal, yang melayani lebih dari 3.200 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan diperkuat oleh lebih dari 14 armada serta gudang dengan luas lebih dari 6.600 m2. Prinsipal utama untuk segmen distribusi kimia antara lain :

1. Mitsui & Co., Ltd. (Titanium Dioxide, Denka Chloroprene, Evaflex EV)

2. Wacker Chemical Co. Ltd

3. Zhucheng Xingmao Corn S. Co., Ltd (Corn Starch, Maltodextrin)

4. Shandong Dawn International Trading Co.LTD ( Titanium Dioxide)

5. Lanxess Pte. Ltd. (Chromosal, Primal, Preventol, Retingan, Tanigan)

Segmen Distribusi Consumer Goods

Distribusi consumer goods berada dibawah CSA dan Entitas Anaknya PT Catur Sentosa Anugerah. Saat ini dipasok dengan lebih dari 2.600 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama dari 16 prinsipal, yang melayani lebih dari 100.000 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan diperkuat oleh lebih dari 100 armada serta gudang dengan luas lebih dari 19.000 m2. Prinsipal utama untuk segmen distribusi consumer goods antara lain :

1. PT Procter & Gamble Home Products Indonesia (Barang Konsumen)

2. PT The Univenus (Produk Tissue)

3. PT Softex Indonesia (Pembalut, diaper, masker wajah & handsanitizer)

4. PT Johnson & Johnson Indonesia (Barang Konsumen)

5. PT Dua Berlian (Produk SC Johnson)

Segmen Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement (Mitra10)

Ritel modern Mitra10 dibawah Entitas Anak PT Catur Mitra Sejati Sentosa. Saat ini dipasok dengan lebih dari 65.000 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama lebih dari 600 prinsipal, dan diperkuat oleh lebih dari 120 armada serta gudang dengan luas lebih dari 42.700 m2. Prinsipal utama untuk segmen ritel moderen bahan bangunan & home improvement (Mitra10) antara lain :

1. PT. Golden Dolphine (Granite)

2. PT. Foshan sincere (Granite)

3. PT. Surya Pertiwi (Sanitasi)

4. PT. Jotun Indonesia (Cat)

5. PT. Dwimitra Nuansa Satria (Keramik)

Segmen Ritel Modern Home Furnishings (Atria)

Ritel moderen Atria dibawah Entitas Anak PT Catur Sentosa Berhasil. Saat ini dipasok dengan lebih dari 1.500 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama lebih dari 71 prinsipal, dan diperkuat oleh lebih dari 17 armada serta gudang dengan luas lebih dari 11.400 m2. Beberapa prinsipal utama untuk segmen ritel moderen home furnishings (Atria) antara lain :

1. PT Alphajaya Mandiri Manunggal (Matras)

2. PT Cipta Kreasindo Gracia (Matras)

3. PT Duta Abadi Primantara (Matras)

4. PT Cemerlang Abadi Mulia (Matras)

5. PT Dinamika Indonusa Prima (Matras)              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Catur Sentosa Adiprana Tbk
KodeCSAP
Alamat KantorJl. Daan Mogot Raya No.234, Jakarta 11510, Indonesia
Alamat Emailcorsec@csahome.com
Situswww.csahome.com
Telepon021 566-8801, 567-2622
Faks021 566-9445
NPWP01.367.223.3-054.000
Tanggal IPO12 Des 2007
Bidang Usaha UtamaDistributor / Retail
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorPerdagangan Ritel
IndustriRitel Khusus
Sub IndustriRitel Barang Rumah Tangga


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama