Profil PT Nanotech Indonesia Global Tbk (IDX: NANO)

Profil PT Nanotech Indonesia Global Tbk (IDX NANO) investasimu.com


Foto: Nanotech Indonesia Global 

Investasimu.com. PT Nanotech Indonesia Global Tbk (IDX: NANO) didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 374 tanggal 22 Mei 2019 oleh Nurlisa Uke Desy, SH., M.Kn. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, Perseroan bergerak dalam bidang jasa penelitian dan pengembangan teknologi dan rekayasa. Perseroan memulai kegiatan usaha komersialnya sejak tahun 2019.

Sejarah Perseroan dimulai dari didirikannya kelompok riset di bidang nanoteknologi yang menginisiasi terbentuknya organisasi profesi Masyarakat Nano Indonesia (MNI) pada tahun 2005. Selain itu, Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng., PhD, pengendali Perseroan, merupakan pioneer dalam memperkenalkan nanoteknologi di Indonesia. Di Tahun 2019 , Perseroan juga mendirikan Perusahaan Anak, yaitu PT Nano Herbaltama Internasional untuk memperluas jaringan layanan yang dapat diberikan kepada masyarakat, yaitu memformulasikan dan/atau memproduksi obat herbal dengan memanfaatkan nanoteknologi.

Perusahaan Anak Perseroan memiliki sebuah pabrik yang mempunyai fasilitas Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) yang berlokasi di Kampung Cikoleang RT 03 RW 02, Desa Pabuaran, Kec. Gunung Sindur, Kab Bogor, Jawa Barat. Produk yang dihasilkan yaitu antara lain Turkish Propolis Ruqyah, Elexito Propolis, Pronsa Propolis, Proflavo Propolis, Ashiha Pro Propolis, Propoli-C Gold Propolis, Key Propolis, dan Babel Bee Beauty Serum.

Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik dan tepat, serta inovatif dan solutif, Perseroan membentuk tim-tim khusus untuk masing-masing bidang industri, yang disebut sebagai Strategic Business Unit (SBU). Sampai dengan saat ini, Perseroan telah memiliki 5 SBU sebagai berikut.

Strategic Business Unit (SBU) Industri Umum

SBU Industri Umum ini dibentuk oleh Perseroan untuk melayani pelanggan Perseroan dalam berbagai sektor industri. Hingga saat ini, Perseroan telah memiliki 4 Sub Strategic Business Unit (Sub-SBU) yang terdiri dari (1) Sub-SBU Teknologi Pengolahan Mineral; (2) Sub-SBU Teknologi Pengolahan Limbah; (3) Sub-SBU Pengujian dan Inspeksi; dan (4) Sub-SBU Teknologi Pelapisan dan Proteksi.

Strategic Business Unit (SBU) Layanan Pendidikan 

SBU Layanan Pendidikan dilakukan dengan berbasis riset dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi. Perseroan juga menyediakan workshop nanoteknologi dan workshop penulisan patent bagi segmen akademisi (mahasiswa, dosen dan peneliti) dan telah banyak kerja sama yang dilaksanakan mulai tingkat lokal hingga internasional, Saat ini, SBU Layanan Pendidikan melaksanakan Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT Nanoedu Cheria Internasional, afiliasi Perseroan, dengan menghadirkan layanan pendidikan strategis pendidikan bahasa dan persiapan ke Jepang, persiapan beasiswa luar negeri hingga edusainstour skala lokal dan internasional

Strategic Business Unit (SBU) Kesehatan, Kosmetik, dan Farmasi

Dengan dukungan tim riset dan pengembangan yang terdiri dari ahli formulasi produk, herbal, nanoteknologi organik, bahan kemasan, dan lain-lain, Perseroan mengambil langkah strategis melalui pendirian SBU Kesehatan, Kecantikan, dan Farmasi. Beberapa brand yang telah diluncurkan oleh Perseroan antara lain EXCO Nano Gold, Kidzano Kids Nano Toothpaste, Indomaret Detergent dengan Nano Silver, Gardiaflow, Glints, Nusantics Biome series, Lemonilo Naturizer, dan lain-lain. Saat ini Perseroan melakukan Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT Nanotech Natura Indonesia untuk terus menyediakan produk kecantikan dan kesehatan dengan nanoteknologi.

Strategic Business Unit (SBU) Akuakultur dan Agribisnis 

Perseroan bersama dengan Nano Group telah berhasil mengembangkan teknologi Nanobubble untuk peningkatan produksi perikanan, baik laut dan darat serta untuk pengolahan limbah. Perseroan mengembangkan teknologi tepat guna yaitu teknologi nanobubble melalui SBU Akuakultur dan Agribisnis yang diterapkan pada budidaya ikan dan pertanian.

Strategic Business Unit (SBU) Properti dan Konstruksi 

Melalui SBU Properti dan Konstruksi, Perseroan menyediakan hunian berkonsep smart property, berupa smart design, smart material, dan smart electricity. Saat ini, SBU Properti dan Konstruksi melaksanakan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan pihak afiliasi Perseroan, yaitu PTGraha Nanotech Indonesia, yang terus menyediakan properti berteknologi terbaru guna menyediakan hunian yang memuaskan bagi kaum milenial di Indonesia dan diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi kinerja Perseroan.         

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Nanotech Indonesia Global Tbk
KodeNANO
Alamat KantorGedung Nanoplex, Jl. Puspiptek Komplek Batan Lama A12, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten - 15314, Indonesia
Alamat Emailcorsec@nig.co.id
Situswww.nig.co.id
Telepon(021) 7568 1294
Faks(021) 7568 1294
NPWP91.639.271.5-411.000
Tanggal IPO10 Mar 2022
Bidang Usaha UtamaPenelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Rekayasa Lainnya dan Aktivitas Konsultasi Manajemen Lainnya
SektorPerindustrian
Sub SektorLayanan Dukungan Bisnis
IndustriLayanan Dukungan Bisnis
Sub IndustriRiset dan Pengembangan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama