Profil PT WIR Asia Tbk (IDX: WIRG)

Profil PT WIR Asia Tbk (IDX WIRG) investasimu.com

Foto: WIR Asia 

Investasimu.com. PT WIR Asia Tbk (IDX: WIRG) didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 16 tanggal 15 Agustus 2011 yang dibuat di hadapan Musa Muamarta, S.H. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah bergerak dalam bidang jasa, perdagangan umum, angkutan, industri, pembangunan, real estate, perkayuan, pertanian, perkebunan, kehutanan, elektrikal, mekanikal, komputer, perbengkelan, dan percetakan. Saat ini, Perseroan bergerak dalam bidang jasa konsultasi manajemen lainnya dan periklanan. Perseroan memulai kegiatan operasi komersialnya pada tahun 2013.

Kegiatan usaha utama Perseroan melalui Perusahaan Anak yaitu menyediakan jasa teknologi berbasis Augmented Reality dengan menggabungkan teknologi Virtual Reality, Artificial Intelegence, Internet of Things dan teknologi pendukung lainnya seperti Blockchain dan mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk yang memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Selain di Indonesia, Perseroan juga telah bekerja sama dengan perusahaan dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, Vietnam, Malaysia dan negara-negara lainnya. Selain itu Perseroan juga mendapatkan kesempatan untuk membantu Pemerintah Nigeria dalam kampanye kepresidenannya.

Perseroan melalui Perusahaan Anak menawarkan jasa teknologi terintegrasi yang menawarkan 3 solusi utama untuk konsumen yaitu:

1. Solution for Brands - AR&Co (Developer)

AR&Co mulai dikembangkan sejak pada tahun 2009 oleh PT Wirya Inovasi dan dialihkan kepada Perseroan dan Perusahaan Anak sejak tahun 2011. AR&Co menyediakan jasa dalam membangun teknologi digital reality dengan fokus kepada aplikasi atau perangkat lunak (software) yaitu termasuk di dalamnya Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Inteligence (AI) dengan tujuan membantu klien memberikan pengalaman interaktif terhadap konsumen atas produk-produk yang ditawarkan klien ke masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Pada tahun 2015, Perseroan mendirikan PT ARE Teknologi Kreasi dalam tujuan untuk mengembangkan bisnis dan fokus pada usaha lebih dalam.

Teknologi AR yang dimiliki oleh PT ARE Teknologi Kreasi telah berkembang lebih dari pengenalan kode QR (Quick Response) sehingga aplikasi dapat mengenal input tertentu, seperti gambar atau foto, dan menghasilkan output terkait secara dinamis, misalnya visualisasi karekter secara 3 dimensi. Dalam perjalanan lebih dari 10 tahun, Perseroan memiliki 5 paten dalam teknologi AR dan memiliki hubungan kerja dengan beragam perusahaan dan brand, melalui lebih dari 1.000 proyek yang telah diselesaikannya. Setiap solusi/aplikasi yang dihasilkan oleh AR&Co dikostumisasi sesuai dengan permintaan klien. 

AR&Co telah menyelesaikan berbagai proyek berskala global di lebih dari 20 negara seperti di Malaysia (AR Property App), Spanyol (AR Education Book Series), Vietnam (AR using Consumer Packaging), Nigeria (AR app for Presidential Campaign). Di Indonesia sendiri Perseroan pernah membuka AR Interactive Booth untuk BTS X Tokopedia dan bekerja sama dengan Microsoft dalam mendemonstrasikan teknologi AR Glasses. Sebagai salah satu perusahaan yang memperkenalkan teknologi ini di Asia Tenggara, perseroan telah mengembangkan perpustakaan solusi yang besar dan beberapa diantaranya telah berhasil dipatenkan di HAKI, dan didaftarkan di World IP Organization melalui skema PCT. Tidak berhenti sampai disini, berbagai teknologi dan inovasi berbasis augmented reality terus dieksplor seperti penggunaan Motion Sensors hingga aplikasi Neuro-detection.

Sebagai pengembang aplikasi atau perangkat lunak, AR&Co juga ikut aktif dalam pengembangan teknologi AR/VR dengan bekerja sama dengan produsen perangkat keras (hardware) AR/VR untuk mengembangkan kemampuan teknologi AR/VR ini. Kerja sama yang telah dilakukan di antaranya adalah dengan Microsoft dan Epson di dalam berbagai kesempatan showcase teknologi. Selain itu, AR&Co juga aktif memamerkan kemampuannya dalam teknologi AR/VR dengan berpartisipasi dalam acara atau konferensi internasional.

Melalui AR&Co sebagai developer, Perseroan juga mengembangkan aplikasi gaming MINAR yang juga merupakan Perusahaan Anak dari Perseroan yaitu MNR. MINAR menerapkan Augmented Reality yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya pada game yang memungkinkan pemain game untuk berinteraksi secara nyata melalui aplikasi game tersebut. Aplikasi game MINAR juga dapat bekerjasama dengan brand dengan menyesuaikan kebutuhan brand tersebut untuk menarik konsumen menggunakan interaksi berbasis game

2. Solution for IoT Kiosk - DAV (Kiosk)

DAV diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2015 dan dioperasikan melalui Perusahaan Anak, yaitu PT Vatar Media Raya (VMR). DAV merupakan penyedia platform IoT (Internet of Things) yang memanfaatkan gabungan dari teknologi Augmented Reality, Artificial Intelligence dan Internet of Things. DAV berfokus dalam menyediakan layanan periklanan kreatif menggunakan teknologi Augmented Reality dalam berinteraksi dengan konsumen terutama pada merk-merk FMCG (Fast Moving Consumer Good).

DAV menyediakan jasa media dan iklan melalui “DAV Devices” yang tersebar dalam toko-toko klien. DAV Devices merupakan perangkat hardware yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang dirancang untuk menampilkan iklan dengan fitur interaktif yang memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan berbagai produk di ribuan tempat dan mendapatkan keuntungan secara langsung atas iklan atau promosi yang ditawarkan. Selain menampilkan iklan dan/atau promosi, DAV Devices juga menampilkan produk-produk dari klien DAV yang dimana konsumen dapat melakukan pembelian langsung pada DAV Device yang tersedia.

Pada tahun 2015, DAV berhasil merilis DAV 1.0 Devices dan sebanyak 4.000 unit telah tersebar pada toko ritel milik klien DAV yaitu termasuk Alfamart, Alfamidi, Watsons dan Lawson yang juga berkerja sama untuk menawarkan iklan dan/atau promosi dari merek ternama sseperti Danone, AXE, SGM Eksplor, Unilever, Sari Husada, Pocari Sweat dan lainnya. DAV 1.0 Devices menjadi solusi untuk merek-merek besar dalam menjangkau konsumen tanpa mengaruskan konsumen untuk mengunduh aplikasi tambahan atau memiliki ponsel canggih. Keunggulan dari DAV 1.0 Devices yang memiliki fitur iklan interaktif 1-on-1 berbasis AR telah berhasil meningkatkan penjualan produk klien DAV sebesar 2%-56%.

3. Solution for Commerce - Mind Stores (Virtual Store Network)

PT Tiga Akar Mimpi (TAM), didirikan pada tahun 2016, merupakan Perusahaan Anak Perseroan yang menyediakan jaringan toko ritel virtual yang memfasilitasi gerai-gerai ritel offline untuk menawarkan produknya kepada masyarakat luas secara online dengan merek Mind Stores. Jaringan toko ritel virtual yang disediakan oleh Mind Stores membuat para pemilik toko ritel dapat memasarkan produknya hingga ke daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau secara langsung yang didukung dengan penyebaran agen yang bertindak sebagai pemilik toko ritel virtual tersebut. Demi membangun ekosistem digital, Mind Stores melalui persebaran agen memberikan akses kepada masyarakat untuk melakukan transaksi secara online atas produk-produk yang disediakan oleh klien ritel Mind Stores.

Adapun model bisnis yang diadaptasi oleh Mind Stores yaitu sistem bagi hasil. Pengembangan, penyediaan, dan perawatan atas aplikasi toko ritel virtual ditanggung sepenuhnya oleh Mind Stores namun penyediaan produk, penyimpanan dan distribusi produk yang dipasarkan dalam aplikasi ditanggung sepenuhnya oleh klien. Atas hasil penjualan produk-produk yang dipasarkan melalu toko ritel virtual milik klien yang dikelola oleh Mind Stores menggunakan sistem bagi hasil sesuai dengan kontrak dengan masing-masing klien

Salah satu produk yang telah diluncurkan oleh TAM adalah hasil kerjasama dengan Alfamart Group bernama Alfamind yang diluncurkan pada Juni 2016. Alfamind merupakan jaringan ritel toko virtual pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi AR dan VR yang memungkinkan pengguna untuk berjualan serta berbelanja melalui aplikasi dan dapat mengakses ribuan jenis produk yang ditawarkan baik oleh Alfamart, klien Mind Stores lainnya (cross selling) dan juga pemilik toko Alfamind yang telah terdaftar. Alfamind memungkinkan masyarakat untuk menjadi pemilik toko ritel tanpa harus membangun toko tersebut secara fisik yang dimana pengelolaan stok dan distribusi barang akan dikelola langsung oleh Alfamind. Para pemilik toko Alfamind akan mendapatkan keuntungan berupa komisi hingga 15% dari penjualan yang berhasil dipasarkan oleh pemilik toko.          

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT WIR Asia Tbk
KodeWIRG
Alamat KantorJalan Panjang Raya No.70 Kebon Jeruk Jakarta 11530, Indonesia
Alamat Emailcorsec@wirglobal.com
Situswww.wirglobal.com
Telepon(021) 5367 8064
Faks(021) 5367 4611
NPWP03.169.454.0-035.000
Tanggal IPO4 Apr 2022
Bidang Usaha UtamaBergerak di bidang jasa teknologi informasi termasuk bidang multimedia, telekomunikasi dan periklanan melalui Perusahaan Anak serta periklanan
SektorTeknologi
Sub SektorPerangkat Lunak dan Jasa TI
IndustriPerangkat Lunak
Sub IndustriPerangkat Lunak


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama