Profil PT Selamat Sempurna Tbk (IDX: SMSM)

Profil PT Selamat Sempurna Tbk (IDX SMSM)


Foto: Selamat Sempurna 

Investasimu.com. PT Selamat Sempurna Tbk (IDX: SMSM) didirikan berdasarkan akta Notaris Ridwan Suselo, S.H., No. 207.  Kegiatan usaha Perseroan sesuai dengan Anggaran Dasar, terutama bergerak di bidang industri komponen dan suku cadang mesin dan turbin, industri mesin untuk keperluan umum lainnya YTDL, industri suku cadang dan aksesoris kendaraan bermotor roda empat atau lebih, perdagangan besar suku cadang dan aksesori mobil, perdagangan besar mesin kantor dan industri, suku cadang dan perlengkapannya, perdagangan besar alat transportasi laut, suku cadang dan perlengkapannya, perdagangan besar alat transportasi darat (bukan mobil, sepeda motor dan sejenisnya), suku cadang dan perlengkapannya, serta perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya. Perseroan memulai kegiatan operasi komersialnya sejak tahun 1980.

Bisnis utama Perseroan adalah memproduksi radiator, dengan merek dagang ADR dan filter dengan merek dagang SAKURA. Selain produk-produk utama tersebut, Perseroan juga memproduksi produk berkualitas lainnya seperti pipa rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot untuk kendaraan. Saat ini, Perseroan dan Entitas Anaknya telah tumbuh sebagai produsen komponen otomotif yang terkemuka di Indonesia dengan keanekaragaman produknya yang berkualitas, terutama filter dan radiator, dengan pasar internasional yang meliputi lebih dari 120 negara tujuan ekspor.

Segmen usaha Perseroan dapat dibagi sebagai berikut.

Penyaring

Penyaring adalah salah satu dari produk utama Perseroan dan Entitas anak, di mana produk penyaring tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu penyaring udara dan penyaring benda cair, seperti penyaring oli, penyaring hidraulik dan penyaring bahan bakar lainnya. Perseroan memproduksi penyaring untuk memenuhi semua sektor termasuk keperluan komponen asli (OEM), suku cadang asli (OES), pasaran dengan merek sendiri (SAKURA) dan merek-merek lainnya. Sedangkan  PT Panata Jaya Mandiri, entitas anak, memfokuskan pada produk penyaring untuk alat-alat berat dan sektor industry seperti bis, truk, traktor, kereta api, turbin gas dan sebagainya dengan merek DONALDSON.

Radiator

Radiator adalah produk utama Perseroan di samping produk penyaring. Perseroan memproduksi berbagai macam radiator, baik radiator dari tembaga kuningan maupun aluminium, untuk penggunaan pada otomotif dan peralatan berat. Untuk produk radiator, Perseroan mendapatkan bantuan teknis dari Tokyo Radiator Mfg.Co.Ltd., Jepang. Sebagian besar produk radiator untuk pasaran dalam negeri dipergunakan sebagai komponen asli, sedangkan untuk pasar luar negeri ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan aftermarket.

Karoseri

Karoseri adalah produk utama PT Hydraxle Perkasa (HP), entitas anak. HP memproduksi dump hoist dan karoseri dump truck, trailer, mixer, dan tangki. Untuk produk karoseri, Perseroan pernah mendapatkan bantuan teknis dari ShinMaywa Industrial Co. Ltd., dari Jepang pada tahun 1989. Sebagian besar produk karoseri untuk pasaran dalam negeri dipergunakan sebagai komponen asli.

Distribusi

Segmen ini mencatat penjualan yang dilakukan oleh entitas anak Perseroan yaitu:

1. PT Prapat Tunggal Cipta dan entitas anaknya, distributor tunggal Perseroan yang mengkhususkan diri pada distribusi dari produk Perseroan di sektor aftermarket Indonesia.

2. Bradke Synergies Sdn. Bhd, Perusahaan Investasi yang memiliki anak perusahaan antara lain, distributor tunggal Perseroan untuk produk filter di Malaysia (Powerfil Sdn. Bhd. & S.S Auto Sdn. Bhd.) dan distributor tunggal Perseroan di Australia (Solcrest Pty Limited).

3. Sure Filter (Thailand) Co., Ltd, distributor tunggal Perseroan untuk produk filter dan radiator di Thailand.

Produk lainnya

Segmen ini mencatat penjualan produk selain filter dan radiator, yaitu seperti karet, plastisol, pipa rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot untuk kendaraan. Produk pipa rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar dan knalpot Perseroan dipergunakan sebagai OEM pada perakitan kendaraan bermotor di Indonesia. Untuk produk pipa rem dan pipa bahan bakar, Perseroan mendapatkan bantuan teknis dari Usui Kokusai Sangyo Kaisha Ltd., Jepang. Khusus untuk tangki bahan bakar, Perseroan mendapatkan bantuan teknis dari Tokyo Radiator Mfg.Co.Ltd., Jepang.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Selamat Sempurna Tbk
KodeSMSM
Alamat KantorWisma ADR Jl Pluit Raya I No. 1 Jakarta , Indonesia
Alamat Emaillidiana.widjojo@adr-group.com
Situshttp://www.smsm.co.id
Telepon(021) 661-00-33, 669-02-44. Ibu Lidia: Ext 327
Faks021-661-8438/669-6237
NPWP01.300.160.7-054.000
Tanggal IPO9 Sep 1996
Bidang Usaha UtamaAutomotive and Components
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorOtomotif & Komponen Otomotif
IndustriKomponen Otomotif
Sub IndustriSuku Cadang Otomotif


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama