Profil PT Saraswanti Indoland Development Tbk (IDX: SWID)

Profil Saham SWID


Foto: Saraswanti Indoland Development 

Investasimu.com. PT Saraswanti Indoland Development Tbk (IDX: SWID) didirikan berdasarkan Akta No. 01 tertanggal 2 Agustus 2010 yang dibuat di hadapan Ismaryani, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Sidoarjo. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, kegiatan utama Perseroan adalah bergerak dalam bidang pengembang (developer) dan pemborong (general contractor). Perseroan adalah pemilik hotel The Alana Yogyakarta, Innside by Melia Yogyakarta dan Apartemen Mataram City. Perseroan memulai kegiatan operasionalnya pada tahun 2011 dan serah terima unit yang diperjualbelikan oleh Perseroan dilakukan pada tahun 2012.

Perseroan merupakan salah satu pengembang yang merupakan anak perusahaan dari Kelompok Usaha Saraswanti dan bergerak dalam bidang properti, khususnya dalam pengembangan High Rise Building, berupa Apartemen, Condotel, dan Convention Hall. Perseroan telah berhasil mengembangkan suatu kawasan flagship yang merupakan mixed-used, yang terletak di kota Yogyakarta, dengan nama merek Mataram City, yang juga merupakan kantor pusat Perseroan, yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Mataram City saat ini terdiri dari 3 (tiga) tower, yaitu Nakula, Sadewa, dan Yudhistira, serta sebuah Convention Hall. Tower Nakula merupakan Condotel 19 (sembilan belas) lantai yang dioperasikan sebagai hotel bintang empat oleh PT Archipelago International Indonesia dengan nama The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, yang terdiri dari 264 kamar. Tower Sadewa merupakan Apartemen yang terdiri dari 19 (sembilan belas) lantai terdiri dari 293 unit hunian dengan type Studio dan semua unit telah habis terjual. Sementara itu, Tower Yudhistira merupakan Apartemen yang terdiri dari yang terdiri dari 19 (sembilan belas) lantai terdiri dari 473 unit hunian, dengan type Studio, 1 kamar tidur, dan 2 kamar tidur dan semua unit telah habis terjual. Di dalam Kawasan Mataram City juga terdapat sebuah Convention Hall dengan nama Mataram City International Convention Centre (MICC) yang terdiri dari Grand Ballroom di lantai 2 (dua), dan 9 (sembilan) ruang rapat di lantai 1 (satu) yang merupakan fasilitas utama Hotel Alana. Di samping itu masih terdapat 4 (empat) ruang meeting di hotel. Keberadaan MICC menempatkan Hotel Alana menjadi hotel MICE yang memiliki kapasitas mumpuni untuk menyelenggarakan konferensi, pameran, konser musik, penikahan, dan acara besar lainnya.

Selain Kawasan Mataram City, Perseroan juga mengembangkan proyek Graha Indoland di lahan seluas sekitar 3.074 m2 yang merupakan tower Condotel 8 (delapan) lantai yang dioperasikan sebagai hotel oleh PT SOL Melia Indonesia dengan nama INNSIDE by Melia Yogyakarta (Hotel Innside), yang terletak di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hotel Innside merupakan hotel berbintang empat dengan kapasitas 242 kamar dan didukung dengan adanya 5 (lima) ruang rapat.

Saat ini, Perseroan juga memiliki portofolio properti dalam perencanaan antara lain yaitu:

1) Tower Arjuna

Di dalam Kawasan Mataram City akan dibangun 1 tower lagi yang merupakan tower apartemen yaitu Tower Arjuna yang akan meneruskan kesuksesan tower yang telah ada sebelumnya (Nakula, Sadewa, dan Yudhistira). Pembangunan rencananya akan dimulai pada Juli 2022 dan ditargetkan selesai pada Juni 2025.

2) Banyu Bening – The Vila Resort

Merupakan kawasan perumahan yang dikembangkan di atas lahan seluas sekitar 9.000 m2, dengan pilihan lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Jenderal M Sarbini, yanng merupakan jalan lingkar Ambarawa – Semarang. Lokasi pengembangan berdekatan dengan obyek-obyek pariwisata seperti Rawa Pening, Saloka, Bandungan, Dusun Sumilir, dan lainnya.

3) Rumah Tapak

Di masa yang akan datang, Perseroan berencana untuk melakukan pengembangan rumah tapak (landed house) sebagai pendukung pengembangan high rise building.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Saraswanti Indoland Development Tbk
KodeSWID
Alamat KantorJalan Palagan Tentara Pelajar KM. 7, Sariharjo, Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581, Indonesia
Alamat Emailcorsec@mataramcity.com
Situshttps://www.saraswantiproperty.com/
Telepon0274 883866
Faks-
NPWP-
Tanggal IPO7 Jul 2022
Bidang Usaha UtamaProperti dan Real Estate
SektorProperti & Real Estat
Sub SektorProperti & Real Estat
IndustriPengelola & Pengembang Real Estat
Sub IndustriPengembang & Operator Real Estat


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama