Profil PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (IDX: ELPI)

Saham ELPI Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari


Foto: Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari (PNEP) 

Investasimu.com. PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (IDX: ELPI) didirikan berdasarkan Akta Nomor 11 tanggal 20 April 1992 dibuat oleh Grace Margareth Goenawan, S.H. di Ambon. Ruang lingkup kegiatan Perseroan sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar dan yang sedang dijalankan meliputi pelayaran dalam negeri, jasa pelayaran dan pengangkutan, agen perkapalan, perusahaan pelayaran, jasa pengangkutan minyak dan gas, jasa penyewaan kapal laut, jasa penyewaan peralatan pelayaran, perwakilan pelayaran dan usaha pelayaran penundaan laut.

Perseroan telah mendapatkan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkatan Laut (SIUPAL) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Departemen Perhubungan No. BXXV1986/AL.58 tanggal 12 Juni 2002. Perseroan  memulai operasi komersialnya sejak tahun 1992.

Perseroan bergerak di bidang Pelayaran Rakyat dan Nusantara dengan armada Landing Craft Tank (LCT) 100 dwt bernama LCT EKA. Sampai awal tahun 2000, Perseroan berfokus pada penyediaan solusi logistik ke wilayah timur Indonesia, terutama di Maluku dan Irian Jaya dan di tahun 2002 terdapat penambahan armada LCT bernama EFILYA.

Menyadari atas perlunya kebutuhan repair dan maintenance dalam bisnis pelayaran, pada tahun 2005 telah didirikan perusahaan galangan yang terafiliasi di Samarinda dan perusahaan galangan di Gresik tahun 2012 yaitu PT Eka Multi Bahari (EMB) dan PT Orela Shipyard (Orela). EMB mengcover repair dan maintenance untuk wilayah Kalimantan dan Papua sedangkan Orela bertanggungjawab docking untuk area Jawa, Bali, dan sekitarnya. Perseroan kemudian terus berkembang dan di tahun 2007 Perseroan telah mampu membuat serta mengoperasikan kapal aluminium untuk pertama kali dan selanjutnya mendapatkan kontrak pertama di bidang offshore di tahun 2009 pada PT Total E & P Indonesia. 

Hingga 31 Desember 2021, Perseroan memiliki dan mengoperasikan lebih dari 100 (seratus) unit armada berbagai macam yang terdiri atas Crewboat, Anchor Handling Tug Supply vessel (AHTS), Platform Support Vessel (PSV), Utility Vessel & Specialized Vessel. Dengan dukungan armada tersebut, Perseroan mampu memberikan layanan yang lebih komprehensif.

Hingga saat ini kegiatan usaha dari Perseroan terklasifikasi atas 5 (lima) layanan utama yaitu:

1. Penyewaan Kapal

Menawarkan sewa kapal sistem sewa waktu, untuk jangka waktu pendek maupun Panjang dengan opsi sewa harian / bulanan / tahunan pada semua jenis kapal guna melayani dan mendukung kebutuhan angkutan laut dari klien. Berpengalaman telah beberapa kali memenangkan tender dan serta mengoperasikan kapal-kapal untuk mendukung angkutan laut, proyek kegiatan minyak dan Gas seperti BP Tangguh, PHT, PHM , Pertamina PHEOWJ, serta perusahaan minyak lainnya. 

2. Pekerjaan Lepas Pantai

Memberikan solusi kegiatan perkapalan secara menyeluruh untuk mendukung penuh klien dari perusahaan minyak dan gas.

3. Logistik

Layanan perusahaan untuk mendukung total maritime solution dengan menyediakan end-to-end logistic services kepada pengguna jasa seperti kawasan pergudangan, shorebase, transportasi, alat berat, pengelolaan terminal, dan dokumentasi kargo. 

4. EPC (Engineering, Procurement & Construction)

Untuk mendukung pembangunan infrastruktur onshore dan offshore, kami memiliki area galangan untuk pembangunan dan perbaikan kapal serta sarana pendukung lainnnya, dan layanan paket keseluruhan EPC untuk kebutuhan pembangungan dan pengambangan infrastruktur Oil & Gas.

5. Pelatihan & Pengembangan

Dalam memastikan pengembangan SDM yang bermutu, baik untuk pekerja darat ataupun kru laut, Perseroan menyiadakan Lembaga Pelatihan Terpadu yang dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi yang mutakhir, yang mencakup pelatihan khusus seperti DP dan Pilotage Training, serta pelatihan-pelatihan manajemen dan pengembangan skil lainnya.

Sementara itu, lingkup servis dan operasional Perseroan saat ini mampu untuk melayani kebutuhan klien di seluruh wilayah Indonesia, yang saat ini tersebar pada area sebagai berikut :

1. Area Jawa (Gresik, Lamongan, Madura, Banyuwangi);

2. Area Papua (Sorong dan Bintuni);

3. Area Kalimantan (Samarinda dan Balikpapan); dan

4. Area Maluku (Ambon).  

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk
KodeELPI
Alamat KantorGraha KCT Lt. 3, Jl. W.R. Supratman No.23, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Alamat Emailcorsec@pnep.co.id
Situswww.pnep.co.id
Telepon(+62) 31 - 568 0121
Faks(+62) 31 - 568 0122
NPWP-
Tanggal IPO8 Ags 2022
Bidang Usaha UtamaBergerak dalam bidang angkutan laut dan aktivitas penunjang angkutan
SektorEnergi
Sub SektorMinyak, Gas, dan Batu Bara
IndustriMinyak dan Gas
Sub IndustriPenyimpanan dan Distribusi Minyak dan Gas


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama