Indeks BISNIS-27: Data dan Grafik Indeks BISNIS-27

Data Indeks Bisnis-27

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks BISNIS-27 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 27 saham yang dipilih oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia. Indeks BISNIS-27 diluncurkan dan dikelola bekerja sama dengan perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit surat kabar harian Bisnis Indonesia). Indeks BISNIS-27 diluncurkan pada tanggal 27 Januaro 2009 dengan tanggal dasar 28 Desember 2004 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks KOMPAS100 mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks BISNIS-27

Pemilihan saham dalam Indeks BISNIS-27 dilakukan dengan memilih saham-saham yang menjadi konstituen IHSG dengan mempertimbangkan kriteria atau faktor sebagai berikut.

  1. Fundamental: pendapatan operasional, laba bersih, ROA, ROE, dan DER; untuk sektor perbankan LDR dan CAR;  
  2. Likuiditas: nilai, volume, dan frekuensi perdagangan, jumlah hari perdagangan dalam setahun, dan kapitalisasi pasar; dan
  3. Akuntabilitas dan Tata Kelola: untuk menjamin kewajaran dalam proses pemilihan, Komite Indeks Bisnis-27 yang terdiri dari ahli dan profesional pasar modal dibentuk dalam rangka pemberian opini atas akuntabilitas, tata kelola, dan kinerja saham perusahaan.    

Jadwal reviu periodik atas Indeks BISNIS-27 dilakukan pada bulan April dan Oktober (reviu mayor) dan pada bulan Januari dan Juli (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks BISNIS-27 dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks BISNIS-27

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama