Indeks IDX ESG Leaders: Data dan Grafik Indeks IDXESGL

Data Indeks IDX ESG Leaders

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks IDX ESG Leaders (IDXESGL) adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari saham-saham yang memiliki penilaian Environmental, Social, dan Governance (ESG) yang baik dan tidak terlibat pada kontroversi secara signifikan serta memiliki likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. Penilaian ESG dan analisis kontroversi dilakukan oleh Sustainalytics. Indeks IDXESGL diluncurkan pada tanggal 14 Desember 2020 dengan tanggal dasar 4 Februari 2014 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks IDXV30 mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average and ESG Tilt Factored dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks IDXESGL

Pemilihan saham dalam Indeks IDXG30 dilakukan dengan memilih saham dari 80 saham yang menjadi konstituen Indeks IDX80 dan memiliki rating risiko ESG dari Sustainalytics dengan kriteria-kriteria yang menjadi faktor pertimbangan sebagai berikut.

  1. perusahaan yang terlibat dalam kontroversi dengan kategori 4 atau 5 dikecualikan;
  2. perusahaan dengan rating risiko ESG yang tinggi dan berat dikecualikan; dan
  3. sisanya yang dipilih sebagai konstituen IDXESGL merupakan perusahaan dengan rating risiko ESG terendah (minimal 15 perusahaan dan maksimal 30 perusahaan).

Jadwal reviu periodik atas Indeks IDXESGL dilakukan pada awal bulan Maret dan September (reviu mayor) dan pada awal bulan Juni dan Desember (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks IDXESGL dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks IDXESGL

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama