Indeks IDX-MES BUMN 17: Data dan Grafik Indeks IDXMESBUMN

Data Indeks IDX MES BUMN 17

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks IDX-MES BUMN 17 (IDXMESBUMN) adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 17 saham syariah yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasinya yang memiliki likuiditas baik dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. IDX-MES BUMN 17 merupakan kerja sama antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Indeks IDXMESBUMN diluncurkan pada tanggal 29 April 2021 dengan tanggal dasar 30 Desember 2015 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks IDXMESBUMN mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 20%. 

Penentuan Saham dalam Indeks IDXMESBUMN

Pemilihan saham dalam Indeks IDXMESBUMN dilakukan dengan memilih 17 saham dari saham yang menjadi konstituen ISSI dan merupakan BUMN dan afiliasinya dengan mempertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Likuiditas: nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi di pasar reguler, dan kapitalisasi pasar; dan
  2. Fundamental: kinerja keuangan, kepatuhan terhadap regulasi, dan lainnya.

Jadwal reviu periodik atas Indeks IDXMESBUMN dilakukan pada bulan Mei dan November (reviu mayor) dan pada bulan Februari dan Agustus (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks IDXMESBUMN dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks IDXMESBUMN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama