Indeks IDX Quality30: Data dan Grafik Indeks IDXQ30

Data Indeks IDX Quality30

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks IDX Quality30 (IDXQ30) adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang secara historis relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. Indeks IDXQ30 diluncurkan pada tanggal 10 Agustus 2020 dengan tanggal dasar 4 Februari 2014 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks IDXQ30 mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks IDXQ30

Pemilihan saham dalam Indeks IDXQ30 dilakukan dengan memilih 30 saham dari 80 saham yang menjadi konstituen Indeks IDX80 dengan kriteria-kriteria yang menjadi faktor pertimbangan sebagai berikut.

  1. Rasio Profitabilitas: Return on Equity (ROE);
  2. Rasio Solvabilitas: Debt to Equity Ratio (DER); dan
  3. Variabilitas Laba: Volatilitas Pertumbuhan EPS. 

Skor kualitas masing-masing saham ditentukan berdasarkan penilaian atas ketiga ukuran tersebut. Saham-saham yang menjadi konstituen Indeks IDXQ30 merupakan saham yang memiliki skor kualitas tertinggi.

Jadwal reviu periodik atas Indeks IDXQ30 dilakukan pada bulan Januari dan Juli (reviu mayor) dan pada bulan April dan Oktober (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks IDXQ30 dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks IDXQ30

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama