Mengapa Harga Saham Bisa Naik atau Turun?

Harga Saham dalam Hukum Permintaan dan Penawaran

Investasimu.comMungkin sebagian dari kita pernah berpikir mengapa harga saham terus berubah? Mengapa harga saham tertentu naik sementara harga saham lainnya turun? Apa yang menyebabkan harga saham berubah?

Dalam video ini, kami menjelaskan fenomena perubahan harga saham dengan menggunakan hukum permintaan dan penawaran. Secara sederhana hukum permintaan dan penawaran berkaitan dengan perubahan harga barang dan kuantitas barang yang diminta atau ditawarkan. Hukum permintaan menjelaskan bahwa semakin tinggi harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta. Begitu pula sebaliknya, dalam hukum penawaran, semakin tinggi harga barang berakibat semakin banyak pula kuantitas barang yang ditawarkan.

Sebagai suatu barang yang diperjualbelikan di Bursa, pembentukan harga saham tidak dapat dilepaskan dari permintaan dan penawaran atas saham tersebut. Kenaikan atau penurunan harga saham merupakan konsekuensi dari dinamika yang terjadi, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. Video ini memaparkan bagaimana hukum permintaan dan penawaran dapat diaplikasikan dalam (1) bagaimana harga saham terbentuk; (2) bagaimana harga saham meningkat; dan (3) bagaimana harga saham menurun. 


Patut dipahami bahwa informasi ini kami sajikan secara "as is" dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tanpa ada tendensi untuk mempengaruhi keputusan keuangan Anda. Kami bukan penasihat keuangan sehingga keputusan finansial yang Anda lakukan merupakan keputusan dan tanggung jawab Anda secara pribadi.

Dapatkan pula informasi dan berita saham terupdate melalui kanal Google News kami.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama