Asia Pacific Fibers (IDX: POLY) Akan Ikut Produksi APD, Masker, dan Selimut Kesehatan

Asia Pacific Fibers (IDX: POLY) Akan Ikut Produksi APD, Masker, dan Selimut Kesehatan

Foto: Asia Pacific Fibers

Emiten tekstil, PT Asia Pacific Fibers Tbk (IDX: POLY) berencana menambah lini bisnis Perseroan dengan memproduksi Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan selimut kesehatan untuk menjamin ketersediaan pasokan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, penambahan lini bisnis tersebut juga menjadi bagian dari strategi Perseroan dalam menangkap peluang yang ada sekaligus dalam rangka meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham.

Dalam keterbukaan informasi yang dirilis Perseroan, nantinya bahan-bahan yang dibutuhkan dalam produksi APD, masker, dan selimut kesehatan akan dibuat oleh Perseroan. Sementara itu, proses pembuatannya akan dilakukan dengan sistem maklon di beberapa perusahaan garmen yang bermitra dengan Perseroan. Penambahan lini bisnis ini juga telah memperoleh persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) sesuai akta tertanggal 9 September 2020.

Perusahaan telah menunjuk Kantor Jasa Penilai Publik Agus, Ali, Firdaus, dan Rekan (KJPP AAF) untuk melakukan studi kelayakan penambahan lini bisnis. Dari hasil analisis atas aspek kelayakan pasar, teknis, pola bisnis, model manajemen, dan keuangan, KJPP AAF menyimpulkan bahwa lini bisnis produksi APD, masker, dan selimut kesehatan yang akan dijalankan oleh Perseroan adalah LAYAK karena akan mendatangkan tambahan manfaat bagi Perseroan.

Lebih lanjut berdasarkan hasil analisis kelayakan keuangan oleh KJPP AAF, bisnis ini akan menghasilkan Net Present Value (NPV) sebesar Rp97 miliar dan tingkat Internal Rate of Return (IRR) sebesar 12,81% atau lebih besar dari tingkat diskonto yang diasumsikan sebesar 10,2%. Selain itu, proyek ini juga memiliki Profitability Index (PI) sebesar 1,26 dengan masa Payback Period (PP) selama 4 tahun.

Perusahaan juga menyampaikan bahwa pembahasan atas hasil studi kelayakan penambahan lini bisnis baru ini akan diagendakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada tanggal 30 September 2021.      

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama