Fenerbahce Luncurkan Fan Token Berbasis Ethereum: Melesat 433% di Perdagangan Perdana

investasimu.com Fenerbahce Luncurkan Fan Token Berbasis Ethereum, Melesat 433% di Perdagangan Perdana

Photo: Mesut Ozil di Fenerbahce (Fenerbahce.org)

Klub sepak bola asal Turki, Fenerbahce meluncurkan token bagi suporternya (fan token) berbasis Ethereum ($ETH) pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 sebagaimana dikutip dari Decrypt. Pada perdagangan perdana, nilai fan token tersebut melesat hingga 433%. Antusiasme yang tinggi mengakibatkan situs Paribu yang menjadi satu-satunya bursa yang memperdagangkan fan token milik Fenerbache mengalami crash dan tidak dapat diakses hingga 3,5 jam. 

Fenerbahce sendiri merupakan klub olahraga asal Turki yang berkompetisi dalam berbagai jenis olahraga, mulai dari atletik hingga tenis meja. Hanya saja Fenerbahce lebih dikenal sebagai klub sepakbola elite Turki yang kerap merajai persaingan di liga domestik. Selain itu, beberapa pemain bintang seperti Mesut Ozil dan Robin van Persie diberitakan telah menandatangani kontrak untuk membela klub asal Istanbul ini. 

Melalui penerbitan fan token, Fenerbahce diperkirakan meraup dana hingga US$51,5 juta. Dalam dokumen whitepaper peluncuran fan token, pemegang token akan diberikan kesempatan untuk menentukan keputusan minor klub seperti penamaan fasilitas olahraga dan akses prioritas atas penjualan tiket pertandingan. Sampai dengan saat ini jumlah fan token yang diperdagangkan mencapai US$150 juta.

Fenerbahce membatasi supply token hingga 190,7 juta yang merefleksikan tahun berdirinya klub. Dari jumlah tersebut, 15% dijual kepada suporter, 10% untuk pengembangan teknologi, 14% untuk pemasaran, dan sisanya sebesar 61% akan disimpan. 

Selain Fenerbahce, Galatasaray yang menjadi rival klub juga telah meluncurkan aset kripto khusus suporter mereka. Fan token milik Galatasaray diperdagangkan di Socios.com dan memiliki kapitalisasi pasar (market cap) sebesar US$41,4 juta.

Sementara itu, beberapa klub lain di luar Turki juga telah meluncurkan token bagi para supporternya, seperti klub sepakbola asal Spanyol, Atletico Madrid. Selain itu, Paris Saint-Germain (PSG) yang baru saja merekrut mega bintang Lionel Messi juga menyatakan akan membayar sebagian gaji Messi menggunakan kripto berupa fan token. Bahkan fan token milik PSG merupakan aset kripto yang paling banyak diperdagangkan di Paribu mengalahkan Bitcoin ($BTC).  


  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama