Akan Berubah Jadi Holding, Trimegah Sekuritas Indonesia (IDX: TRIM) Spin Off Bisnis Sekuritas

Akan Berubah Jadi Holding, Trimegah Sekuritas Indonesia (IDX TRIM) Spin Off Bisnis Sekuritas investasimu.com

Foto: Trimegah Sekuritas Indonesia 

Investasimu.com. PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (IDX: TRIM) mengumumkan pendirian anak usaha baru, yaitu PT Trimegah Sekuritas (TS) berdasarkan Akta Pendirian No. 48 tanggal 11 Oktober 2021 yang dibuat di hadapan Jose Dima Satria, S.H.,M.Kn., Notaris di Jakarta Selatan dan telah disahkan pada tanggal 18 Oktober 2021. Di dalam perusahaan baru tersebut, Perseroan memegang kepemilikan mayoritas sebesar 99,99% sementara sisanya sebesar 0,01% dimiliki oleh Stephanus Turangan, Direktur Utama Perseroan.

Perseroan menyatakan bahwa pendirian TS merupakan langkah awal atas rencana pemisahan kegiatan usaha (spin-off) Perusahaan Efek yang meliputi Pedagang Perantara Efek dan Penjamin Emisi Efek. Setelah memperoleh izin usaha sebagai Perusahaan Efek dari Otoritas Jasa Kegiatan (OJK), TS akan menerima pengalihan sebagian aktiva dan pasiva Perseroan yang diperoleh dari kegiatan usahanya sebagai Perusahaan Efek. Setelah itu, Perseroan akan melakukan perubahan kegiatan usaha menjadi perusahaan holding yang mendukung kegiatan bisnis anak usaha yang bergerak antara lain di industri pasar modal.

Rencana spin off dilakukan oleh Perseroan dengan tujuan untuk membuka kesempatan bagi Perseroan untuk terus berinovasi dan mengembangkan kegiatan usaha yang salah satunya mendukung pengembangan pasar modal, dan untuk mengoptimalkan penggunaan modal. Melalui spin off, baik Perseroan maupun anak usahanya diharapkan dapat lebih fokus dalam menjalankan kegiatan usahanya masing-masing, dan secara bersama-sama dapat mengembangkan bisnis secara grup yang lebih optimal sehingga meningkatkan nilai pemegang saham.

Sebelumnya diberitakan bahwa Advance Wealth Finance Ltd selaku pemegang saham pengendali Perseroan tengah dalam proses negosiasi dengan Garibaldi 'Boy' Thohir dan/atau konsorsiumnya dalam rangka rencana akuisisi Perseroan. Belum diperoleh informasi apakah rencana spin off dan perubahan usaha menjadi holding tersebut berkaitan dengan rencana akuisisi tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama