Delta Dunia Makmur (IDX: DOID) Akuisisi Usaha Jasa Pertambangan Batubara Australia

Delta Dunia Makmur (IDX DOID) Akuisisi Usaha Jasa Pertambangan Batubara Australia investasimu.com

Foto: Delta Dunia Makmur 

Investasimu.com. PT Delta Dunia Makmur Tbk. (IDX: DOID) mengumumkan bahwa anak usaha utama Perseroan, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), melalui anak usaha yang baru dibentuk di Australia, yaitu BUMA International Pty. Ltd. (BUMA International), telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan Downer EDI Limited (Downer) untuk mengakuisisi usaha jasa pertambangan batubara milik Downer yang disebut sebagai Open Cut Mining East (Mining East) di Australia.

Perjanjian Bersyarat tersebut menetapkan transaksi yang melingkupi transfer atas aset, karyawan, liabilitas imbalan kerja, dan kontrak-kontrak Mining East dari Downer kepada BUMA International. Sebagai informasi, kepemilikan BUMA di BUMA International mencapai 90% sementara sisanya sebesar 10% dimiliki oleh AGDM Investments Pty. Ltd. 

Dalam siaran persnya, Perseroan mengungkapkan bahwa penyelesaian transaksi tersebut bergantung pada pemenuhan syarat kondisi khusus termasuk novasi atas kontrak-kontrak tertentu dan diharapkan dapat diselesaikan sebelum akhir tahun 2021. Perseroan juga telah melakukan penarikan penuh atas fasilitas pinjaman dari Bank Mandiri di bulan Juli 2021 untuk membiayai transaksi tersebut.

Mining East sendiri memiliki portofolio bisnis di 4 (empat) lokasi tambang di Queensland dengan volume pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) mencapai 160 juta bcm dan penambangan batubara sebanyak 10,6 juta ton, baik batubara termal maupun coking. Dari sisi kinerja, dalam beberapa tahun terakhir Mining East mencatatkan rata-rata pendapatan tahunan sebesar sekitar ASD510 juta.

Perseroan mengungkapkan transaksi ini akan menandai masuknya BUMA ke dalam industri batubara coking dan menjadi langkah pertama BUMA dalam melakukan diversifikasi serta perluasan usaha di luar Indonesia. Hal ini juga akan memberikan kemampuan bagi BUMA dan grup usaha Perseroan untuk menjajaki potensi proyek-proyek tambang di masa depan, baik di Indonesia maupun di Australia. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama