Induk Usaha IRRA Akuisisi Nusa Konstruksi Enjiniring (IDX: DGIK) Rp229,8 Miliar

Induk Usaha IRRA Akuisisi Nusa Konstruksi Enjiniring (IDX DGIK) Rp229,8 Miliar investasimu.com

Foto: Nusa Konstruksi Enjiniring 

Investasimu.com. PT Global Dinamika Kencana, induk usaha PT Itama Ranoraya Tbk (IDX: IRRA) mengumumkan bahwa pada tanggal 6 Oktober 2021 Perseroan telah melakukan akuisisi atau pengambilalihan PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk. (IDX: DGIK). Perseroan melakukan pembelian 2,87 miliar lembar saham yang merepresentasikan 51,85% dari total saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam DGIK.

Pembelian saham tersebut berasal dari 4 (empat) pemegang saham DGIK yaitu PT Lintas Kebayoran Kota dengan kepemilikan sebesar 34,12%, PT Rezeki Segitiga Emas dengan kepemilikan sebesar 9,32%, PT Lokasindo Aditama dengan kepemilikan sebesar 7,60%, dan yang terakhir PT Multidaya Hutama Indokarunia dengan kepemilikan sebesar 0,81%. Dengan harga pembelian ditetapkan sebesar Rp80 per lembar saham, total dana yang dikeluarkan oleh Perseroan untuk akuisisi mencapai Rp229,8 miliar.

Dengan demikian, melalui transaksi ini Perseroan akan menjadi pengendali baru DGIK. Dalam keterbukaan informasi yang dirilis oleh Perseroan, tujuan dari pengambilalihan DGIK adalah untuk pengembangan usaha dan memperkuat bisnis usaha Perseroan di bidang jasa konstruksi.

Sebelumnya, Perseroan diberitakan juga telah melakukan pembelian 100 juta lembar saham treasury IRRA dengan harga pembelian sebesar Rp1.988 per saham. Total dana yang dikeluarkan oleh Perseroan mencapai Rp198,8 miliar.

Berita akuisisi DGIK memperoleh respons positif dari pelaku pasar. Pada saat tulisan ini dimuat, harga saham DGIK melesat hingga 20,78% ke level Rp93 per lembar saham. Sejak awal tahun, harga saham DGIK telah menguat sebesar 86%. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama