J Resources Asia Pasifik (IDX: PSAB) Jual Tambang Emas ke Anak Usaha Provident

J Resources Asia Pasifik (IDX PSAB) Jual Tambang Emas ke Anak Usaha Provident investasimu.com

Foto: J Resources Asia Pasifik 

Investasimu.com. PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (IDX: PSAB) mengumumkan bahwa pada tanggal 1 Oktober 2021 anak usaha Perseroan, PT J Resources Nusantara (JRN) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement - CSPA) untuk penjualan seluruh saham milik JRN di PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM).  Adapun pihak pembeli dalam CSPA dimaksud adalah PT Andalan Bersama Investama yang merupakan anak perusahaan dari PT Provident Indonesia.

Perseroan mengungkapkan bahwa rencana penjualan saham tersebut akan tunduk kepada syarat pemenuhan yang diatur dalam CSPA dan diperolehnya persetujuan-persetujuan yang diperlukan oleh Perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan dari pemegang obligasi Perseroan dan/atau kreditur anak-anak perusahaan Perseroan.

GSM sendiri merupakan perusahaan pertambangan emas pemegang Kontrak Karya Generasi V dari Pemerintah. Luas areal pertambangan GSM mencapai 14.570 Ha dan berlokasi di Gunung Pani, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo yang berdekatan dengan konsesi pertambangan emas milik PT Pani Bersama Tambang (PBT), anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk. (IDX: MDKA).  

Sebelumnya, pada bulan Februari 2021 diberitakan bahwa PBT dan JRN bersengketa di Singapore International Arbitration Centre (SIAC) terkait pemenuhan persyaratan pendahuluan dalam CSPA atas rencana penggabungan tambang emas di Blok Pani antara PBT dan JRN.

Pada perdagangan pada hari Selasa, 5 Oktober 2021, saham PSAB ditutup stagnan di level Rp155 per lembar saham. Sejak awal tahun, harga saham PSAB telah terkoreksi 42,59%.   

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama