Profil Emiten: PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (IDX: DSSA)

Profil Emiten PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (IDX DSSA) investasimu.com


Foto: Dian Swastatika Sentosa 

Investasimu.com. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (IDX: DSSA) didirikan berdasarkan Akta No. 6 tanggal 2 Agustus 1996 dari Linda Herawati, S.H., notaris di Jakarta dan merupakan bagian dari Grup Sinar Mas. Perseroan menjalankan kegiatan usahanya melalui 4 (empat) bisnis utama, yaitu pertambangan, penyediaan tenaga listrik, teknologi, serta perdagangan pupuk & bahan kimia.

Segmen Pertambangan

Perseroan menjalankan aktivitas bisnisnya di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara termal melalui PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) dan entitas anaknya, serta PT Andalan Satria Lestari dan entitas anaknya. Konsesi tambang utama yang dimiliki oleh GEMS dan PT Andalan Satria Lestari beserta entitas anaknya terletak di Sumatra Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Perseroan dan entitas anak telah memiliki izin untuk melakukan aktivitas pertambangan batu bara.

Selain pertambangan batu bara termal, Perseroan juga menjalankan aktivitas pertambangan dan perdagangan batu bara metalurgi Stanmore Coal Limited melalui kepemilikan saham Golden Investments (Australia) Pte. Ltd. oleh Golden Energy and Resources Limited, entitas anak Perseroan. Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak juga mulai menjajaki bisnis pertambangan emas dengan membentuk usaha ventura bersama dengan EMR Capital untuk melakukan investasi dalam sebuah pertambangan emas di Australia, Ravenswood Gold Group Pty Ltd.

Segmen Penyediaan Tenaga Listrik

Perseroan menjalankan secara langsung 4 (empat) pembangkit listrik captive dengan total kapasitas sebesar 300 MW yang terletak di Serang (1 unit), Tangerang (1 unit), dan Karawang (2 unit). Seluruh listrik yang dihasilkan Perseroan dan entitas anak digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam negeri, berdasarkan kontrak jangka panjang penjualan tenaga listrik kepada beberapa pelanggan. Tenaga listrik dan uap yang dihasilkan dari captive power plant Perseroan seluruhnya dipasok ke PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills.

Segmen Perdagangan Pupuk dan Bahan Kimia

Di bisnis perdagangan pupuk dan bahan kimia, Perseroan menjalankan kegiatan usahanya melalui PT Rolimex Kimia Nusamas, entitas anak. Produk diimpor dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Pada saat ini penjualan kepada pelanggan masih didominasi entitas anak usaha grup Sinarmas sebesar 60%.

Segmen Teknologi

Perseroan menjalankan bisnis teknologi melalui PT DSSA Mas Sejahtera, entitas anak. Termasuk di dalam bisnis teknologi ini adalah kegiatan usaha multimedia yang saat ini terutama dijalankan melalui PT Innovate Mas Indonesia dan PT Eka Mas Republik, dengan menggunakan merek dagang MyRepublic.

MyRepublic mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2015 sebagai perusahaan internet cepat tanpa batas yang menggunakan teknologi kabel optik terkini. MyRepublic telah menjadi salah satu penyedia layanan internet untuk perumahan dan bisnis dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. 

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Dian Swastatika Sentosa Tbk
KodeDSSA
Alamat KantorSinar Mas Land Plaza, Menara II, Lantai 24 Jl. M.H. Thamrin No. 51 Jakarta 10350
Alamat Emailcorsec@dss.co.id
Situswww.dssa.co.id
Telepon+62 (021) 31990258
Faks+62 (021) 31990259
NPWP01.785.257.5-054.000
Tanggal IPO10 Des 2009
Bidang Usaha UtamaPower Plan/Pembangkit Listrik
SektorEnergi
Sub SektorMinyak, Gas, dan Batu Bara
IndustriBatu Bara
Sub IndustriProduksi Batu Bara


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama