Provident Agro (IDX: PALM) Berencana Jual Anak Usaha Rp502,5 Miliar

Provident Agro (IDX PALM) Berencana Jual Anak Usaha Rp502,5 Miliar investasimu.com

Foto: Provident Agro  

Investasimu.com. Emiten perkebunan, pengolahan, dan perdagangan kelapa sawit, PT Provident Agro Tbk. (IDX: PALM) mengumumkan bahwa Perseroan bersama-sama dengan PT Saratoga Sentra Business (SSB) dan PT Provident Capital Indonesia (PCI) akan menjual kepemilikan sahamnya di PT Mutiara Agam (MAG). Pada tanggal 22 September 2021, Perseroan telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PJBB) dengan PT Global Indo Bersaudara (GIB), PT Duta Agro Makmur Indah (DAMI), dan PT Lambang Jaya Agro Perkasa (LJAP) sehubungan rencana penjualan 115.500 lembar saham yang merepresentasikan 100% modal yang ditempatkan dan disetor dalam MAG.

Berdasarkan ketentuan dalam PJBB, harga penjualan dan pembelian saham akan ditentukan lebih lanjut oleh para pihak. Perseroan memperkirakan nilai transaksi tersebut mencapai Rp502,5 miliar berdasarkan nilai perusahaan (enterprise value) MAG yang terdiri dari komponen harga pembelian saham dan kewajiban pelunasan hutang oleh MAG kepada Perseroan.

MAG sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan perkebunan kelapa sawit dengan lahan seluas 8.625 Ha di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. MAG telah beroperasi sejak tahun 1982 dan pada kuartal I 2021 memperoleh pendapatan sebesar Rp66,64 miliar. Di dalam MAG, Perseroan menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan sebesar 99,998% sementara sisanya dimiliki oleh SSB dan PCI masing-masing sebesar 0,001%. 

Perseroan mengungkapkan bahwa rencana penjualan saham MAG merupakan kesempatan yang baik untuk dapat memberikan hasil investasi yang optimal dan dipercaya akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi Perseroan, pemangku kepentingan, dan para pemegang saham Perseroan. Melalui penjualan saham MAG, Perseroan juga akan memperoleh tambahan pendanaan yang dapat digunakan untuk memperkuat arus kas dan permodalan Perseroan dan Entitas Anak, dan/atau untuk memberikan keuntungan lebih bagi investasi yang selama ini telah dilakukan oleh para pemegang saham, termasuk pemegang saham publik, yang dapat dilakukan dengan cara pembagian dividen baik interim atau final dan/atau pembelian kembali saham dari para pemegang saham.

Rencana penjualan saham MAG akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Independen yang direncanakan akan diselenggarakan pada hari Selasa, 9 November 2021.    

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama