Profil Emiten: PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (IDX: ANJT)

Profil Emiten PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (IDX ANJT) investasimu.com

Foto: Austindo Nusantara Jaya 

Investasimu.com. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (IDX: ANJT) didirikan pada tanggal 16 April 1993 dengan nama PT Austindo Teguh Jaya (ATJ), dengan aktivitas di bidang agribisnis, jasa keuangan, layanan kesehatan dan energi terbarukan. Pada tanggal 16 Juli 1998, Perseroan mengubah namanya menjadi PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) berdasarkan Akta No. 54 tertanggal 16 Juli 1998, Notaris Ny. Esther Mercia Sulaiman

Saat ini, ANJ merupakan perusahaan induk yang terlibat, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaannya, dalam produksi dan penjualan minyak sawit mentah, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan lainnya serta energi terbarukan. 

Bisnis kelapa sawit Perseroan terdiri dari penanaman dan pemanenan terpadu tandan buah segar dari perkebunan kelapa sawit Perseroan, mengolahnya menjadi minyak sawit mentah, inti sawit, dan minyak inti sawit, serta menjual minyak yang dihasilkannya. Perseroan memiliki enam perkebunan kelapa sawit yang telah berproduksi. 

Perseroan mengoperasikan pemanenan dan pemrosesan sagu di Sorong Selatan, Papua Barat melalui anak perusahaan, PT ANJ Agri Papua (ANJAP). ANJAP mengelola area konsesi seluas 40.000 hektare, tempat Perseroan merintis pemanenan sagu dari hutan sagu alam yang pertama pada skala komersial di Indonesia. ANJAP juga mengolah batang sagu di pabrik sagu untuk menghasilkan tepung sagu kering yang dijual ke industri makanan.

Perseroan juga telah bergerak di sektor sayuran sejak tahun 2015, ketika anak perusahaannya, PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), mulai membudidayakan edamame, sejenis kacang-kacangan yang memiliki protein dan antioksidan tinggi yang masuk dalam kelompok keluarga kedelai. Perseroan menggunakan model kolaborasi, memberikan masukan agronomi, pelatihan dan dukungan di lapangan kepada petani setempat di Jember, Jawa Timur untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil dan kualitas. Pada tahun 2020, Perseroan mulai menanam okra, sayuran berkualitas tinggi lainnya.

Anak perusahaan Perseroan lainnya, PT Austindo Aufwind New Energy (AANE), telah mendapatkan izin usaha sebagai pembangkit listrik independen (IPP) pada tahun 2013 dan memulai kegiatan operasinya secara komersial pada awal tahun 2014. AANE mengoperasikan pembangkit listrik tenaga biogas berkapasitas 1,8 MW di Perkebunan Pulau Belitung yang menghasilkan listrik dengan memanfaatkan limbah gas metana sebagai produk turunan dari pabrik CPO Perseroan.  

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Austindo Nusantara Jaya Tbk
KodeANJT
Alamat KantorMenara BTPN Lantai 40 Jalan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. 5.5 - 5.6 Kawasan Mega Kuningan, Indonesia
Alamat Emailcorsec@anj-group.com
Situswww.anj-group.com
Telepon(62-21) 2965 1777
Faks(62-21) 2965 1788
NPWP01.626.081.2-054.000
Tanggal IPO08 Mei 2013
Bidang Usaha UtamaPerdagangan, jasa dan pengoperasian perkebunan, pengolahan dan perdagangan produk kelapa sawit baik sendiri maupun melalui Entitas Anak, pengolahan dan perdagangan produk sagu serta produksi dan penggunaan energi terbarukan dan kelistrikan melalui Entitas Anak
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriProduk Makanan Pertanian
Sub IndustriPerkebunan dan Tanaman Pangan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama