Profil PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP)

Profil PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX ICBP) investasimu.com

Foto: Indofood CBP Sukses Makmur 

Investasimu.com. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP) didirikan di Republik Indonesia pada tanggal 2 September 2009 berdasarkan Akta Notaris Herdimansyah Chaidirsyah, S.H., No. 25. Perseroan merupakan hasil pengalihan kegiatan usaha Divisi Mi Instan dan Divisi Bumbu Penyedap PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX: INDF), pemegang saham pengendali, dan mulai melakukan kegiatan usahanya sejak tanggal 1 Oktober 2009.

Perseroan merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha yang terdiversifikasi, antara lain mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman. Selain itu, Perseroan juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi kemasan fleksibel maupun karton untuk produk-produknya.

Divisi Mi Instan Perseroan merupakan salah satu produsen mi instan terbesar di dunia. Melalui akuisisi Pinehill di bulan Agustus 2020, Divisi ini kini mengoperasikan 30 pabrik mi instan di Indonesia, Malaysia, Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara, dengan total kapasitas produksi sekitar 29 miliar bungkus setiap tahunnya. Perseroan merupakan pemimpin pasar di Indonesia, Arab Saudi, Mesir, Turki, Nigeria, dan Uni Emirat Arab. Indomie, merek unggulan Perseroan, telah dikenal di dunia dan memiliki brand equity yang kuat karena cita rasanya yang tinggi dengan harga yang terjangkau. Selain itu, di Indonesia, Supermi, Sarimi dan Sakura merupakan merek bag noodles yang dikenal baik oleh konsumen, sedangkan Mie Telur Cap 3 Ayam merupakan merek mi telur yang populer di kalangan konsumen, pedagang mi kaki lima maupun berbagai penyedia layanan food service tradisional. Pop Mie juga merupakan pemimpin pasar di kategori cup noodles.

Divisi Dairy dikelola oleh Indolakto, anak perusahaan Perseroan dan mengoperasikan tujuh pabrik yang berlokasi di pulau Jawa dengan total kapasitas produksi lebih dari 800.000 ton per tahun. Indolakto merupakan salah satu produsen dairy terkemuka di Indonesia dengan beragam pilihan produk, seperti susu UHT, susu steril dalam botol, SCC, evaporated milk, susu pasteurisasi, susu multi-cereal, minuman mengandung susu, susu bubuk, es krim dan mentega. Produk-produk susu Perseroan dipasarkan dengan merek yang sudah dikenal baik oleh keluarga Indonesia seperti Indomilk, Cap Enaak, Kremer, Tiga Sapi, Indomilk Kids, Indomilk Good To Go dan Milkuat, Indofood Ice Cream untuk produk es krim dan Orchid Butter untuk produk mentega.

Kegiatan usaha makanan ringan Perseroan dikelola oleh IFM dan mengoperasikan tiga pabrik yang berlokasi di pulau Jawa dengan total kapasitas produksi sekitar 50.000 ton per tahun. Divisi ini memproduksi berbagai produk makanan ringan modern dan makanan ringan tradisional yang dimodernisasi berbahan dasar kentang, singkong, jagung dan tempe, serta produk extruded snack. Produk-produk tersebut dipasarkan dengan merek Chitato, Lay’s, Qtela, Doritos, Chiki, Jetz dan Cheetos. 

Divisi Penyedap Makanan memproduksi dan memasarkan beragam produk kuliner, termasuk recipe mixes, kecap manis, saus sambal, saus tomat dan stock soup dengan menggunakan merek Indofood dan Indofood Racik, serta produk sirup dengan merek Indofood Freiss. Divisi ini mengoperasikan tiga pabrik yang berlokasi di pulau Jawa dengan kapasitas produksi tahunan lebih dari 150.000 ton.

Divisi Nutrisi & Makanan Khusus merupakan salah satu pemain terkemuka di industri makanan bayi di Indonesia. Perseroan mengoperasikan satu pabrik di pulau Jawa dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 25.000 ton. Produk-produk Perseroan meliputi bubur bayi, makanan ringan seperti rice puffs, crunchies, biskuit dan puding serta sup mi untuk bayi dan balita berusia antara 6-24 bulan; cereal snack untuk anak-anak berusia 6-12 tahun: susu bagi ibu hamil dan menyusui, serta cereal powdered drinks. Promina adalah merek produk makanan bayi untuk segmen menengah ke atas, sedangkan SUN ditujukan untuk segmen pasar yang lebih luas. Govit menawarkan produk cereal snack bagi anak-anak, SUN Ibu menyediakan produk susu bagi ibu hamil dan menyusui, dan GoWell menawarkan solusi sarapan yang kaya nutrisi dan berenergi bagi seluruh keluarga.

Divisi Minuman dioperasikan oleh PT Anugerah Indofood Barokah Makmur, anak perusahaan dan menghasilkan berbagai pilihan produk minuman mencakup minuman teh siap minum, AMDK dan minuman rasa buah, diproduksi melalui 19 pabrik di seluruh Indonesia dengan total kapasitas produksi per tahun sekitar tiga miliar liter serta dipasarkan dengan merek Ichi Ocha, Club dan Fruitamin.      

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
KodeICBP
Alamat KantorSudirman Plaza, Indofood Tower Lt. 23, Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78, Jakarta 12910, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@icbp.indofood.co.id
Situswwww.indofoodcbp.com
Telepon6221 5793 7500
Faks6221 5793 7557
NPWP02.993.085.6-092.000
Tanggal IPO07 Okt 2010
Bidang Usaha UtamaIndustri produk makanan bermerek
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriMakanan Olahan
Sub IndustriMakanan Olahan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama