Profil PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX: INDF)

Profil PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX INDF) investasimu.com

Foto: Indofood Sukses Makmur 

Investasimu.com. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX: INDF) pada awalnya didirikan di Republik Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan nama PT Panganjaya Intikusuma, berdasarkan Akta Notaris Benny Kristianto, S.H., No. 228. Pada tahun 1994, Perseroan berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk hingga saat ini.

Perseroan telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Perseroan dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Perseroan memperoleh manfaat dari skala ekonomis serta ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut.

Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP) memproduksi dan memasarkan beragam produk konsumen bermerek yang menawarkan solusi praktis bagi konsumen di segala usia. Sebagian besar merek-merek produk Grup CBP merupakan pemimpin pasar dan memiliki status top-of-mind di masing-masing kategori produknya, serta telah meraih kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama beberapa dekade. Kegiatan operasional Grup CBP dijalankan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP), entitas anak Perseroan.

Bogasari merupakan grup yang memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta, didukung oleh unit usaha perkapalan dan kemasan. Sebagai produsen tepung terigu terintegrasi terbesar di Indonesia, Bogasari mengoperasikan empat pabrik penggilingan tepung terigu di Jakarta, Surabaya, Cibitung dan Tangerang dengan total kapasitas per tahun sekitar 4,1 juta ton, yang melayani pelanggan industri maupun ritel. Berbagai pilihan produk tepung terigu dipasarkan dengan merek-merek yang sudah mapan, seperti Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru dan Lencana Merah. Bogasari juga memproduksi pasta untuk pasar domestik dan internasional dengan merek La Fonte. Kegiatan operasional Bogasari didukung oleh unit perkapalan yang terdiri dari enam kapal postpanamax, lima kapal handy/supramax, serta dua kapal ultramax untuk mengangkut bahan baku gandum dari Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Grup Bogasari juga memproduksi kantong degradable polypropylene guna mendukung kebutuhan kantong kemasannya.

Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pembudidayaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya. Grup Agribisnis merupakan salah satu grup agribisnis terbesar yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal di Indonesia. Kegiatan operasional Grup Agribisnis dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (IDX: SIMP) dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (IDX: LSIP) yang merupakan entitas anak Perseroan.

Terakhir, dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup Distribusi mendistribusikan sebagian besar produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.      

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Indofood Sukses Makmur Tbk
KodeINDF
Alamat KantorSudirman Plaza, Indofood Tower, Lt. 27, Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78 Jakarta 12910, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@indofood.co.id
Situswwww.indofood.com
Telepon6221 5795 8822
Faks6221 5793 5960
NPWP01.542.658.8-092.000
Tanggal IPO14 Jul 1994
Bidang Usaha UtamaFood and Beverages
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriMakanan Olahan
Sub IndustriMakanan Olahan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama