Bank Permata (IDX: BNLI) Tuntaskan Penjualan Sahabat Finansial Keluarga

Bank Permata (IDX BNLI) Tuntaskan Penjualan Sahabat Finansial Keluarga investasimu.com

Foto: Sahabat Finansial Keluarga 

Investasimu.com. PT Bank Permata Tbk (IDX: BNLI) mengumumkan bahwa Perseroan telah menyelesaikan transaksi penjualan saham milik Perseroan di PT Sahabat Finansial Keluarga (SFK) kepada Honest Financial Technologies International Private Limited (Honest). Perseroan dan Honest telah menandatangani Akta Pengambilalihan No. 77 tanggal 30 Desember 2021 yang dibuat di hadapan Notaris Aulia Taufani, S.H. dalam rangka penyelesaian transaksi pengambilalihan SFK. 

Transaksi tersebut merupakan kelanjutan dari Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (CSPA) antara Perseroan dan Honest yang telah ditandatangani pada tanggal 12 Agustus 2021. Adapun persyaratan pendahuluan dalam CSPA telah terpenuhi seluruhnya, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). 

Dalam laman resminya, SFK merupakan perusahaan pembiayaan yang bergerak di bidang pembiayaan modal kerja dalam bentuk anjak piutang dan modal usaha dan pembiayaan multiguna. Perseroan menyebutkan nilai akuisisi SFK mencapai Rp241,49 miliar.

Melalui transaksi ini, Honest mengambil alih kepemilikan sebesar 63,64% di dalam SFK. Bersamaan dengan itu, SFK menarik kembali seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh SFK yang diikuti dengan (1) penerbitan saham seri A sebanyak 115.621 lembar dengan nilai nominal Rp115,62 miliar yang diambil oleh Honest dan sebanyak 57.379 lembar dengan nilai nominal Rp57,37 miliar yang diambil oleh Perseroan dan (2) penerbitan saham seri B sebanyak 26.316 lembar dengan nilai nominal Rp99,86 miliar yang diambil oleh Honest. Dengan demikian, susunan akhir pemegang saham SFK menjadi sebesar 71,21% dimiliki oleh Honest dan sisanya sebesar 28,79% dimiliki oleh Perseroan.      

Perseroan mengungkapkan bahwa transaksi pengambilalihan dilakukan dalam rangka kerja sama dengan mitra strategis (Honest) untuk mengembangkan bisnis SFK dalam lini pembiayaan konsumen agar menjadi lebih baik dengan jangkauan yang lebih luas.      

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama