Cara, Syarat, dan Biaya Sewa Booth di Area Parkir Alfamart

Cara, Syarat, dan Biaya Sewa Booth di Area Parkir Alfamart investasimu.com

Foto: Dok. Alfamart 

Investasimu.com. Pemilihan lokasi usaha yang strategis sering kali menjadi salah satu pertimbangan utama pengusaha sebelum menjalankan usaha mereka. Kesalahan pemilihan lokasi usaha dapat mengakibatkan bisnis berjalan tidak lancar, kesulitan untuk memperoleh pelanggan, dan berdampak pada penutupan usaha. Sebaliknya, lokasi usaha yang tepat dapat membantu bisnis untuk berkembang dengan pesat. 

Salah satu lokasi yang dapat Anda pertimbangkan sebagai lokasi usaha yaitu areal parkir minimarket besar dan dikenal banyak orang seperti Alfamart. Dengan menyewa areal parkir Alfamart sebagai tempat usaha, Anda akan menjadi salah satu Tenant Alfamart. Tulisan ini akan membahas keuntungan membuka usaha di areal parkir Alfamart, tata cara pendaftaran, syarat penyewaan, dan biaya sewa yang harus Anda keluarkan untuk menyewa areal parkir Alfamart untuk usaha.

Keuntungan Menyewa Area Parkir Alfamart untuk Usaha

Terdapat beberapa keuntungan yang Anda peroleh dengan menyewa areal parkir Alfamart sebagai lokasi booth usaha Anda. Keuntungan tersebut antara lain.

1. Lokasi yang Strategis

Perlu dipahami bahwa Alfamart dibangun di lokasi yang telah disurvei terlebih dahulu. Survei ini dilakukan untuk memastikan bahwa lokasi tersebut strategis, layak, dan potensial untuk menarik pelanggan untuk mengunjungi Alfamart. Dengan menyewa sebagian areal parkir Alfamart sebagai lokasi usaha Anda, secara tidak langsung Anda tidak perlu melakukan studi lokasi terlebih dahulu karena hal tersebut telah dilakukan oleh pihak Alfamart sebelumnya. Meskipun tidak 100% pasti berhasil mendatangkan pelanggan, tetapi keberadaan Alfamart di lokasi tersebut menunjukkan bahwa lokasi tersebut telah memenuhi persyaratan lokasi usaha yang ditetapkan oleh Alfamart.  

2. Potensi Pelanggan yang Lebih Banyak

Selain karena iklan atau kualitas produk yang kita tawarkan, pelanggan dari usaha Anda juga dapat berasal dari pengunjung Alfamart yang bahkan pada awalnya belum mengenal usaha Anda. Membuka usaha di depan Alfamart dapat membantu Anda untuk memperoleh lebih banyak pelanggan. Mengingat lokasi Alfamart yang strategis, visibilitas usaha Anda juga akan meningkat.

3. Areal Parkir bagi Pelanggan

Menyewa lokasi usaha di depan Alfamart secara tidak langsung juga memudahkan pelanggan Anda untuk memarkirkan kendaraannya. Sebagaimana kita ketahui, di setiap lokasi Alfamart disediakan areal parkir dengan ukuran yang bervariasi sesuai ukuran toko. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyediakan lokasi parkir tersendiri dan pelanggan Anda dapat memarkirkan kendaraannya di areal parkir yang telah disediakan tersebut.

4. Berizin Resmi

Dengan mengikuti prosedur yang berlaku, Anda dapat berusaha secara resmi dan legal di lokasi tersebut karena memperoleh izin dari Alfamart selaku pemilik lahan. Anda tidak perlu cemas atau khawatir usaha Anda akan digusur atau ditertibkan sepanjang Anda mematuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku.

5. Biaya Sewa yang Terjangkau

Biaya sewa lokasi booth di Alfamart juga terjangkau dan dibayarkan secara bulanan. Selain itu, Anda juga akan memperoleh fasilitas berupa akses listrik dan air seperlunya dari pengelola.

Setelah membahas keuntungan menyewa lokasi usaha di depan Alfamart, mari kita bahas syarat dan tata cara penyewaan termasuk biaya sewanya.

Syarat Sewa Area Parkir Alfamart Sebagai Tempat Usaha

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon tenant Alfamart yaitu:

  1. Usaha makanan dan minuman diperkenankan dengan syarat tidak makan di tempat. Misalnya Anda membuka usaha gorengan dan minuman boba, pelanggan hanya bisa untuk take away dan Anda tidak diperkenankan menyediakan kursi dan meja bagi pelanggan seperti layaknya kafe. 
  2. Selain tidak untuk dimakan di tempat, usaha makanan dan minuman juga tidak menjual produk (dalam kemasan) yang sama seperti yang dijual di dalam toko Alfamart. Sebagai contoh apabila Alfamart menjual kopi kemasan dengan merek XYZ, Anda tidak diperkenankan untuk menjual kopi kemasan dengan merek XYZ tersebut. 
  3. Area parkir Alfamart tidak hanya dapat Anda sewa untuk usaha. Anda juga dapat menyewanya untuk pameran kecil seperti pameran kendaraan bermotor atau kegiatan promosi kecil lainnya.
  4. Ukuran ruang usaha yaitu 1,5 m x 1,5 m. Anda dapat menggunakan gerobak kayu atau stainless steel, meja booth, mini container, dan tenda mini sebagai media usaha dengan menyesuaikan dengan ukuran ruang usaha.
  5. Membayar biaya sewa sesuai ketentuan.                     

Biaya Sewa Area Parkir Alfamart

Biaya sewa area parkir Alfamart untuk usaha termasuk terjangkau dengan tarif yang bervariasi berdasarkan daerah dan lokasi toko. Beberapa sumber menyebutkan biaya sewa yang bervariasi dari 600 - 700 ribu per bulan. Anda dapat menghubungi pihak Alfamart untuk memastikan biaya sewa sebenarnya untuk toko yang Anda incar.

Pembayaran biaya sewa dilakukan setiap bulan di awal periode sewa. Kemudahan pembayaran per bulan memberikan keleluasaan bagi Anda yang memiliki modal terbatas untuk menyewa lokasi usaha.      

Tata Cara Pendaftaran Sewa Lokasi Usaha di Alfamart

Terdapat dua cara yang dapat Anda tempuh apabila ingin menyewa lokasi di depan Alfamart sebagai lokasi usaha Anda yaitu secara offline atau online.

Cara menyewa secara offline dapat Anda lakukan dengan mengunjungi secara langsung toko Alfamart yang anda inginkan atau kantor cabang Alfamart terdekat untuk menyampaikan maksud dan tujuan Anda. Nantinya mereka akan menjelaskan dan mengarahkan Anda terkait dokumen atau hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan atau siapkan sebelum menyewa.

Sedangkan untuk pendaftaran secara online dapat anda lakukan dengan mengunjungi link https://tenant.alfamart.co.id/public/ dan mengisi serta melengkapi informasi yang dibutuhkan.  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama