Konversi Utang, Bumi Resources Minerals (IDX: BRMS) Akuisisi Perusahaan Pertambangan Emas di Aceh

Konversi Utang, Bumi Resources Minerals (IDX BRMS) Akuisisi Perusahaan Pertambangan Emas di Aceh investasimu.com

Foto: Bumi Resources Minerals 

Investasimu.com. Emiten pertambangan, PT Bumi Resources Minerals Tbk (IDX: BRMS) mengumumkan bahwa Perseroan telah melakukan akuisisi atas PT Linge Mineral Resources (LMR) melalui skema konversi utang anak usaha Perseroan. LMR sendiri merupakan perusahaan pemegang konsesi penambangan emas dan perak pada area seluas 36.420 Ha yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Dalam dokumen keterbukaan informasi yang dirilis pada Kamis (30/12), disebutkan bahwa Perseroan melalui anak usahanya, PT Bumi Sumberdaya Semesta (BSS) telah melakukan penempatan sejumlah dana pada PT Andalan Anugerah Sekarbumi (AAS) sebagai pihak perantara untuk melakukan pencarian aset potensial tambang emas di wilayah Sumatera, Indonesia. Pada bulan Desember 2021, AAS telah merealisasikan dana proyek pengembangan usaha menjadi saham pada LMR.

Berdasarkan Laporan Keuangan Perseroan, penempatan dana proyek pengembangan usaha BSS pada AAS tercatat sebesar USD123.750.467 atau setara Rp1,77 triliun. Dalam rangka realisasi atas dana proyek pengembangan usaha tersebut menjadi investasi, BSS bermaksud untuk mengonversi tagihannya terhadap AAS menjadi saham sebanyak 9.329 saham baru pada AAS dengan harga nominal sebesar Rp100 ribu per saham yang dilaksanakan dengan harga pelaksanaan sebesar Rp190 juta per saham.

Melalui konversi tersebut, Perseroan melalui BSS memegang kepemilikan sebesar 60,86% dari total modal ditempatkan dan disetor pada AAS. Di sisi lain, AAS menguasai 99,67% dari total modal ditempatkan dan disetor pada LMR. Transaksi dimaksud juga telah memperoleh pendapat wajar dari KJPP Kusnanto & Rekan.    

Perseroan berkeyakinan bahwa transaksi yang dilakukan akan mendatangkan manfaat bagi Perseroan di kemudian hari, antara lain Perseroan memiliki kontrol baik secara langsung maupun tidak langsung atas LMR, sehingga pada saatnya akan memberikan kontribusi positif terhadap Perseroan, serta menambah portofolio aset Perseroan sebagai perusahaan pertambangan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama