Profil PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (IDX: TPIA)

Profil PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (IDX TPIA) investasimu.com

Foto: Chandra Asri Petrochemical 

Investasimu.com. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (IDX: TPIA) didirikan berdasarkan Akta No. 40 tanggal 2 Nopember 1984, dari Ridwan Suselo, S.H., Notaris di Jakarta, yang diubah dengan Akta No. 117 tanggal 7 Nopember 1987 dari John Leonard Waworuntu, S.H., Notaris di Jakarta dengan nama PT Tri Polyta Indonesia (TPI). Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, yang diaktakan dalam Akta Notaris No. 20 tanggal 27 Oktober 2010 dari Dr. Amrul Partomuan Pohan, S.H., L.L.M., Notaris di Jakarta, para pemegang saham Perseroan menyetujui antara lain transaksi penggabungan usaha Perusahaan dengan PT Chandra Asri (CA) dan merubah nama Perseroan menjadi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. 

TPI merupakan penghasil Polypropylene terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1984 dan mulai beroperasi secara komersial sejak tahun 1992, sedangkan CA merupakan produsen Olefins dan Polyethylene yang didirikan pada tahun 1989. Sejak itu, Perseroan menjalankan bisnis sebagai produsen domestik tunggal di Indonesia untuk Ethylene, Styrene Monomer, Butadiene, dan Styrene Butadiene Rubber.

Perseroan mengoperasikan satu-satunya pabrik Naphtha Cracker di Indonesia guna menghasilkan Olefins (Ethylene, Propylene), Pygas dan Mixed C4, juga Polyolefins (Polyethylene dan Polypropylene). Fasilitas produksi Perseroan meliputi tiga train untuk produk Polyethylene dan Polypropylene. Perseroan juga mengoperasikan satu-satunya pabrik Butadiene di Indonesia. Pabrik Butadiene tersebut menggunakan Mixed C4 yang dihasilkan dari pabrik Olefins sebagai bahan bakunya.

Perseroan juga menghasilkan 340KTA Styrene Monomer. Perseroan adalah produsen tunggal untuk Ethylene, Styrene Monomer, dan Butadiene dalam negeri dan juga produsen Polyethylene dan Polypropylene terbesar di Indonesia. Perseroan memproduksi bahan baku plastik yang akan menghasilkan berbagai produk termasuk produk kemasan, pipa, otomotif, elektronik dan berbagai produk lainnya.

Untuk menangkap nilai tambah atas rantai produk petrokimia kami, bersama-sama dalam usaha patungan dengan produsen ban multinasional, Compagnie Financière du Groupe Michelin (Michelin) sebagai mitra strategis, Perseroan mendirikan PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) yang memproduksi bahan baku untuk ban ramah lingkungan. Selain itu, dalam rangka melayani permintaan produk petrokimia dalam negeri dengan lebih baik, Perseroan juga membangun kompleks petrokimia keduanya yaitu PT Chandra Asri Perkasa. Dengan ekspansi ini, Perseroan bertujuan untuk mempertahankan kepemimpinannya di pasar dan juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia serta meningkatkan neraca perdagangan.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Chandra Asri Petrochemical Tbk
KodeTPIA
Alamat KantorGedung Wisma Barito Pacific Tower A, Lt. 7 Jl. Let Jend S. Parman Kav. 62-63 RT.008 RW.004 Slipi Palmerah. Jakarta Barat. DKI Jakarta - 11410, Indonesia
Alamat Emailcorporatesecretary@capcx.com
Situswww.chandra-asri.com
Telepon(021) 5307950
Faks(021) 5308950
NPWP01.062.049.0-092.000
Tanggal IPO26 Mei 2008
Bidang Usaha UtamaPetrokimia
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriBarang Kimia
Sub IndustriBarang Kimia Dasar


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama