Profil PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (IDX: DPNS)

Profil PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (IDX DPNS) investasimu.com


Foto: Duta Pertiwi Nusantara 

Investasimu.com. PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (IDX: DPNS) pada awalnya didirikan berdasarkan Akta No. 45 tanggal 18 Maret 1982 dari Jahja Irwan Sutjiono, S.H., notaris di Jakarta dengan nama PT Dharma Pertiwi Nusantara. Pada tanggal 3 Desember 1985, nama Perseroan diubah menjadi PT Duta Pertiwi Nusantara. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan meliputi industri lem, barang-barang kimia dan pertambangan. Perseroan mulai berproduksi secara komersial pada tahun 1987. 

Perseroan bergerak dalam industri formalin dan lem/glue. Hasil produksi tersebut digunakan untuk keperluan industri perkayuan, khususnya industri kayu lapis. Perseroan memiliki dua Formalin Plant yaitu (1) yang menggunakan katalis Molibdenum atau disebut juga Oxide plant; dan (2) yang menggunakan katalis perak (silver), disebut juga Silver plant. Dengan dua Formalin plant terpasang, Perseroan mempunyai kapasitas untuk memproduksi 50.000 ton/tahun formalin dan 75.000 ton/tahun untuk berbagai jenis glue. Namun, seiiring dengan permintaan yang menurun, Perseroan menghentikan penggunaan Oxide Plant sebab menjalankan Silver Plant sudah cukup untuk memenuhi kuantitas permintaan konsumen dan biaya operasionalnya juga jauh lebih rendah dibandingkan penggunaan Oxide Plant.

Pada tahun 2006 Perseroan mengadopsi teknologi baru berupa Waste Gas Burner (WGB) yang dapat memanfaatkan Gas Buang dari proses produksi Formalin yang sebelumnya dibuang ke udara menjadi bahan bakar untuk menghasilkan Steam guna keperluan produksi Glue. Jadi penggunaan Waste Gas Burner selain dapat menghemat bahan bakar juga membebaskan lingkungan dari polusi udara.

Selain itu, Perseroan juga memiliki anak usaha yaitu PT Intitirta Primasakti yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dengan wilayah area tambang seluas 24.998 Ha.        

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Duta Pertiwi Nusantara Tbk
KodeDPNS
Alamat KantorSudirman Tower Lantai 12 C, Jl. Jend. Sudirman Kav. 60 Jakarta, Indonesia
Alamat Emaildpns_id@yahoo.com
Situswww.dpn.co.id
Telepon021-522-67-28
Faks(021) 522-6779
NPWP01.220.866.6-054.000
Tanggal IPO08 Ags 1990
Bidang Usaha UtamaChemicals
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriBarang Kimia
Sub IndustriBarang Kimia Khusus


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama