Profil PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP)

Profil PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX INTP) investasimu.com


Foto: Indocement Tunggal Prakarsa 

Investasimu.com. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP) didirikan berdasarkan Akta Nomor 227 tanggal 16 Januari 1985, yang dibuat di hadapan Notaris Ridwan Suselo, S.H., dengan nama PT Inti Cahaya Manunggal. Nama Perseroan kemudian diubah menjadi PT Indocement Tunggal Prakarsa berdasarkan Akta Nomor 81 tanggal 11 Juni 1985, yang dibuat di hadapan Benny Kristianto, S.H., Notaris Publik di Jakarta.

Namun demikian, cikal bakal pendirian Perseroan sejatinya telah dimulai sejak tahun 1975 yang ditandai dengan berdirinya PT Distinct Indonesia Cement Enterprise (DICE) yang memiliki pabrik semen dengan kapasitas terpasang sebesar 500.000 ton di wilayah Citeureup, Jawa Barat. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, telah berdiri delapan pabrik tambahan dengan kapasitas terpasang 7,7 juta ton per tahun yang dikelola oleh enam perusahaan yang berbeda, yaitu PT Distinct Indonesia Cement Enterprise (DICE), PT Perkasa Indonesia Cement Enterprise (PICE), PT Perkasa Indah Indonesia Cement Putih Enterprise (PIICPE), PT Perkasa Agung Utama Indonesia Cement Enterprise (PAUICE), PT Perkasa Inti Abadi Indonesia Cement Enterprise (PIAICE), dan PT Perkasa Abadi Mulia Indonesia Cement Enterprise. Keenam pabrik tersebut bergabung menjadi PT Inti Cahaya Manunggal, yang kemudian berubah nama menjadi PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan antara lain pabrikasi semen dan bahan-bahan bangunan, pertambangan, konstruksi, perdagangan, angkutan darat dan laut, serta pembangkitan tenaga listrik. Saat ini, Perseroan dan Entitas Anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap pakai, serta tambang agregat. Perseroan memulai operasi komersialnya pada tahun 1985.

Saat ini Perseroan telah mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Perseroan memproduksi semen premium dengan merek Semen Tiga Roda dan semen lapis kedua dengan merek Semen Rajawali. Perseroan juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang beton siap-pakai yaitu PT Pionirbeton Industri.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
KodeINTP
Alamat KantorWisma Indocement lantai 13, jalan Jenderal Sudirman kav. 70-71 Jakarta 12910, Indonesia
Alamat Emailcorpsec@indocement.co.id
Situshttp://www.indocement.co.id
Telepon021-8754343 ext 3808
Faks021-87941166
NPWP01.062.119.1-092.000
Tanggal IPO5 Des 1989
Bidang Usaha UtamaProduksi Semen
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriMaterial Konstruksi
Sub IndustriMaterial Konstruksi


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama