Profil PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (IDX: SMBR)

Profil PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (IDX SMBR) investasimu.com


Foto: Semen Baturaja (Persero) 

Investasimu.com. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (IDX: SMBR) didirikan berdasarkan  Akta Notaris Jony Frederik Berthold Tumbelaka No. 34 Tahun 1974 tanggal 14 November 1974 dan berkedudukan di Palembang. Saat itu, kepemilikan saham terdiri dari PT Semen Padang (Persero) sebesar 55% dan PT Semen Gresik (Persero) sebesar 45%. Setelah 5 (lima) tahun berdiri, tepatnya pada 9 November 1979, komposisi kepemilikan saham berubah: 88% Pemerintah Republik Indonesia, 7% PT Semen Gresik (Persero) dan 5% PT Semen Padang (Persero). Dengan perubahan komposisi saham tersebut, Perseroan berganti nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) pada 19 Agustus 1980.

Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, Perseroan bergerak di bidang industri semen termasuk produksi, distribusi dan jasa-jasa lain yang terkait dengan industri semen. Pabrik yang dimiliki Perusahaan terdapat di tiga lokasi yaitu masing-masing di Baturaja, Palembang dan Panjang (Lampung). 

Perseroan memiliki lini binis produksi terak dan semen. Produksi terak dijalankan dengan pusat produksi terletak di Baturaja, Sumatera Selatan. Lokasi penggilingan dan pengantongan semen dilaksanakan di Pabrik Baturaja, Pabrik Palembang dan Pabrik Panjang. Bahan baku produk semen Perseroan berupa batu kapur dan tanah liat yang didapatkan dari lokasi pertambangan batu kapur dan tanah liat milik Perseroan yang berlokasi sekitar 1,2 km dari pabrik di Baturaja. 

Fasilitas Pabrik di Baturaja meliputi pabrik penghasil terak (intermediate good) dengan kapasitas produksi 2.700.000 ton per tahun dan pabrik penghasil semen (cement mill) dengan kapasitas produksi semen curah 3.850.000 ton per tahun. Jumlah kapasitas ini diperoleh setelah selesainya proyek Cement Mill & Packer yang diselesaikan pada akhir tahun 2013. Seluruh hasil produksi semen dipasarkan di pasar lokal yang meliputi wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Bengkulu.

Perseroan memproduksi empat jenis semen yaitu (1) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I; (2) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II; (3) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V; dan (4) Portland Composite Cement (PCC).              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Semen Baturaja (Persero) Tbk
KodeSMBR
Alamat KantorJl. Abikusno Cokrosuyoso PO BOX 1175 Kertapati Palembang Sumatera Selatan 30258, Indonesia
Alamat Emailcorsec@semenbaturaja.co.id
Situswww.semenbaturaja.co.id
Telepon(0711) 511261
Faks(0711) 512126
NPWP01.002.115.2-051.000
Tanggal IPO28 Jun 2013
Bidang Usaha UtamaIndustri Semen
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriMaterial Konstruksi
Sub IndustriMaterial Konstruksi


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama