Profil PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: MNCN)

Profil PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX MNCN) investasimu.com

Foto: Media Nusantara Citra 

Investasimu.com. PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: MNCN) didirikan berdasarkan Akta No. 48 tanggal 17 Juni 1997 dari H. Parlindungan L. Tobing, SH, notaris di Jakarta. Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan, maksud dan tujuan Perseroan adalah menjalankan usaha-usaha di bidang perdagangan, konstruksi (termasuk real estate), industri, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, pengangkutan, percetakan, informasi dan komunikasi, dan jasa (aktivitas profesional, ilmiah dan teknis).

Perseroan menjadi bagian dari bisnis media di bawah MNC Group memiliki dan mengoperasikan 4 stasiun TV nasional atau FTA: RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews dengan layanan aplikasi super-app OTT degan pertumbuhan terpesat bernama RCTI+. Dalam konten, MNC memproduksi lebih dari 20.000 jam setahun untuk FTA-nya sendiri, pihak ketiga, bioskop, dan platform digital dengan lebih dari 300.000 jam pustaka konten. MNC juga memiliki manajemen bakat terbesar dengan hampir 400 artis.

Bisnis Perseroan dimulai pada tahun 2001 pada saat mengakuisisi RCTI. Beberapa tahun kemudian, Grup ini mengakuisisi GTV, MNCTV dan memulai produksi kontennya sendiri dan go public pada tahun 2007. Pasca IPO, iNews didirikan dan hari ini 4 FTA - RCTI, MNCTV, GTV dan iNews memiliki pangsa pemirsa nasional terbesar lebih dari 50%.

Perseroan telah menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam fasilitas penyiaran dan produksi, yang memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan program berkualitas tinggi seperti serial drama, ajang pencarian bakat seperti Indonesian Idol, The Voice, Master Chef, Rising Star dan konser musik besar serta program penghargaan seperti Indonesian Television Awards dan Indonesian Movie Actors Awards. Perseroan juga menghasilkan animasi berkualitas tinggi yang diekspor secara global, yang sekarang tersedia di lebih dari 60 negara.

Dalam 3 tahun terakhir, Perseroan memperluas inisiatif digitalnya dengan mengembangkan mobile apps untuk FTA-nya dan mulai mengunggah kontennya di Youtube, Facebook, dan Tik Tok dalam format pendek dan/atau medium. Perseroan telah memperoleh jumlah views dan subscribers terbesar secara global pada operasi media sosialnya dengan lebih dari 2 miliar views setiap bulannya dan saat ini memiliki lebih dari 200 juta subscribers. Selain itu, Perseroan juga beroperasi sebagai Multi-Channel Network atau MCN, yang memiliki jumlah views dan subscribers dengan perkembangan terpesat di Indonesia.

Perseroan juga mengoperasikan 6 portal online, yaitu okezone.com (umum dan berita), sindonews.com (berita mendalam), iNews.id (berita nasional dan regional), idxchannels.com (pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi), celebrities.id (entertainment) dan sportstars.id (olahraga). Portal online ini telah memperoleh pengguna aktif bulanan secara kolektif lebih dari 75 juta.

Untuk mendapatkan pangsa pasar yang signifikan dalam periklanan digital, RCTI +, yang didirikan pada tahun 2019, kini menjadi aplikasi super-app hiburan terbesar di tahun 2021. Aplikasi super-app ini terdiri dari 5 kategori konten, yang meliputi layanan video (streaming, VOD, produksi orisinil, dan konten kreatif lainnya), agregator berita, agregator audio (termasuk podcast), kompetisi UGC, dan agregator game. Hingga April 2021, RCTI + telah mengumpulkan lebih dari 32 juta pengguna aktif bulanan dan ditargetkan mencapai setidaknya 40 juta pada akhir tahun.        

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Media Nusantara Citra Tbk
KodeMNCN
Alamat KantorMNC Tower Lantai 27, Jl. Kebon Sirih No.17-19, Jakarta 10340, Indonesia, Indonesia
Alamat Emailcorsec.mncmedia@mncgroup.com
Situswww.mnc.co.id
Telepon021-3900885
Faks021-3904965
NPWP01.832.495.4-054.000
Tanggal IPO22 Jun 2007
Bidang Usaha Utamaperdagangan umum, pembangunan, perindustrian, pertanian, pengangkutan, percetakan, multimedia melalui perangkat satelit dan perangkat telekomunikasi lainnya, jasa dan industri
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorMedia dan Hiburan
IndustriMedia
Sub IndustriPenyiaran


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama