Profil PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk (IDX: OPMS)

Profil PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk (IDX OPMS) investasimu.com


Foto: Optima Prima Metal Sinergi 

Investasimu.com. PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk (IDX: OPMS) didirikan dengan nama PT Asian Prima Indosteel berdasarkan Akta No. 2 yang dibuat di hadapan Gema Bismantak, S.H., M.Kn., tanggal 5 September tahun 2012. Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah menjalankan usaha dalam bidang jasa, perdagangan, pembangunan, perindustrian, pengangkutan darat, percetakan dan perbengkelan. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2012.

Saat ini, kegiatan usaha Perseroan adalah melakukan usaha di bidang penjualan besi scrap yang didapatkan dari hasil pemotongan kapal bekas. Perseroan melakukan kegiatan operasionalnya di Indonesia dan memiliki dua kegiatan utama, yaitu kegiatan pembelian kapal bekas yang dimulai dari tahap pembelian dan negosiasi kapal hingga penyandaran kapal serta kegiatan penjualan besi scrap yang dimulai dari inspeksi kapal sampai pada akhirnya hasil-hasil pemotongan tersebut dapat dijual kepada pelanggan.

Pembelian kapal bekas dilakukan melalui perjanjian Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut/sungai dan galangan kapal.Selain itu, Perseroan juga mengikuti aktivitas pelelangan kapal bekas secara rutin dan melakukan due dilligence terhadap kapal bekas yang akan dibeli dengan melakukan inspeksi secara langsung mengenai berat, kondisi kapal, harga, dan juga memastikan kelengkapan dokumen kapal sebelum melakukan transasksi.

Aktivitas pemotongan kapal dilakukan di tempat sandaran kapal yang diawali dengan proses inspeksi barang dan dokumentasi oleh pengawas potong dan juga pengawas hasil dan gudang. Setelah itu, proses pemotongan dilakukan oleh pihak ketiga.

Selanjutnya, Perseroan melakukan pengecekan ulang terhadap komponen-komponen hasil pemotongan dan memproses pembuatan surat jalan oleh Perseroan untuk melakukan pengiriman ke gudang Perseroan. Setelah barang tiba di gudang, pengecekan barang akan dilakukan kembali untuk kemudian dilakukan proses pencatatan, penimbangan, pengaturan tempat dan juga perbaikan atau pemisahan masing-masing jenis barang/ material. Gudang penyimpanan persediaan memiliki luas 1.710 m2.

Perseroan memiliki tiga segmen pelanggan utama, yaitu (1) Perusahaan peleburan yang merupakan pelanggan besi scrap; (2) Perusahaan pelayaran yang merupakan pelanggan mesin-mesin kapal; dan (3) Barang – barang lainnya, yang dapat dijual secara langsung kepada end user seperti kolektor dan desainer. Barang-barang yang biasanya dijual kepada end user adalah barang-barang antik dan unik seperti kompas kapal, kemudi kapal, lampu kapal, sekoci, alat navigasi dan lain-lain.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Optima Prima Metal Sinergi Tbk
KodeOPMS
Alamat KantorJl. Margomulyo Permai Blok AC No. 10 Surabaya 60183, Indonesia
Alamat Emailcorporate@opms.co.id
Situshttps://www.opms.co.id
Telepon+62 31 7495673
Faks-
NPWP31.632.698.2-614.000
Tanggal IPO23 Sep 2019
Bidang Usaha UtamaPerdagangan Besar Potongan Logam
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriLogam & Mineral
Sub IndustriBaja & Besi


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama