Profil PT Salim Ivomas Pratama Tbk (IDX: SIMP)

Profil PT Salim Ivomas Pratama Tbk (IDX SIMP) investasimu.com

Foto: Salim Ivomas Pratama 

Investasimu.com. PT Salim Ivomas Pratama Tbk (IDX: SIMP) didirikan pada tanggal 12 Agustus 1992 dengan nama PT Ivomas Pratama berdasarkan Akta Notaris Maria Andriani Kidarsa, S.H., No. 65. Perseroan mengubah namanya menjadi PT Salim Ivomas Pratama berdasarkan Akta No. 115 dari Notaris yang sama tanggal 24 Februari 1994.

Perseroan dan entitas-entitas anak adalah produsen minyak dan lemak nabati serta produk turunannya yang terintegrasi secara vertikal. Grup Perseroan merupakan salah satu grup agribisnis terbesar yang terdiversifikasi serta terintegrasi secara vertikal di Indonesia. Kegiatan utama Grup Perseroan meliputi seluruh mata rantai pasokan dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Sebagai grup agribisnis yang terdiversifikasi, Grup Perseroan juga melakukan pembudidayaan komoditas tebu, karet dan tanaman lainnya. Grup Perseroan termasuk perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar serta salah satu pemimpin pasar minyak goreng, margarin dan shortening bermerek di Indonesia. Perseroan memulai kegiatan operasinya pada tahun 1994.

Grup Perseroan mengelola kegiatan usaha melalui dua divisi bisnis, yakni Divisi Perkebunan dan Divisi Minyak & Lemak Nabati.

Divisi Perkebunan terutama bergerak dalam kegiatan pembudidayaan kelapa sawit dan sebagian besar pendapatan divisi ini berasal dari penjualan minyak sawit (CPO), inti sawit (PK) serta produk turunan lainnya. Divisi Perkebunan juga melakukan pembudidayaan komoditas tebu dan produksi gula serta melakukan produksi dan penjualan karet serta komoditas tanaman lainnya.

Pada tanggal 31 Desember 2020, luas lahan perkebunan tertanam inti mencapai 303.149 hektar yang terdiri dari 253.061 hektar kelapa sawit atau 83% dari total lahan tertanam, disusul 15.976 hektar karet, 14.153 hektar tebu, serta 19.959 hektar tanaman lainnya antara lain hutan tanaman industri, kakao dan teh. Grup Perseroan juga menjalin kemitraan dengan petani plasma dengan lahan perkebunan kelapa sawit dan karet seluas 90.325 hektar.

Grup Perseroan mengoperasikan 27 pabrik kelapa sawit di Sumatera dan Kalimantan dengan total kapasitas pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) sebesar 7,0 juta ton per tahun. Grup Perseroan juga mengoperasikan empat lini produksi karet remah, tiga lini produksi karet lembaran, dua pabrik pengolahan dan penyulingan gula, satu pabrik kakao dan satu pabrik teh.

Divisi Minyak & Lemak Nabati memproduksi dan memasarkan produk hilir untuk pangsa pasar domestik dan luar negeri, antara lain minyak goreng, margarin, shortening, serta produk turunan lainnya yang berasal dari hasil proses penyulingan dan fraksinasi minyak sawit. Produk-produk minyak goreng bermerek yang dihasilkan dipasarkan dengan merek-merek terkemuka yakni Bimoli, Bimoli Spesial, Delima dan Happy, sedangkan produk margarin dan shortening bermerek dikemas dan dipasarkan dengan merek-merek Palmia, Royal Palmia dan Amanda. Grup Perseroan memiliki dan mengoperasikan lima fasilitas penyulingan CPO dengan total kapasitas penyulingan sebesar 1,7 juta ton CPO per tahun. Fasilitas penyulingan tersebut berlokasi strategis di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.         

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Salim Ivomas Pratama Tbk
KodeSIMP
Alamat KantorSudirman Plaza, Indofood Tower, Lantai 11 Jalan Jendral Sudirman Kav. 76-78 Jakarta 12910, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@simp.co.id
Situswww.simp.co.id
Telepon021-5795 8822 ext 5000/5001
Faks021-5793 7504
NPWP01.596.183.2-092.000
Tanggal IPO09 Jun 2011
Bidang Usaha UtamaAgribisnis yang terdiversifikasi serta terintegrasi secara vertikal yang kegiatan utamanya meliputi seluruh mata rantai pasokan dari penelitian dan pengembangan pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarine dan shortening
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriProduk Makanan Pertanian
Sub IndustriPerkebunan dan Tanaman Pangan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama