Profil PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (IDX: EMTK)

Profil PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (IDX EMTK) investasimu.com


Foto: Elang Mahkota Teknologi 

Investasimu.com. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (IDX: EMTK) didirikan berdasarkan Akta Notaris Soetomo Ramelan, S.H., No. 7 tanggal 3 Agustus 1983 dengan nama PT Elang Mahkota Komputer dan bergerak di bidang usaha penyediaan peralatan komputer. Pada tanggal 10 Maret 1997, Perseroan berganti nama menjadi PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK).

Sesuai Anggaran Dasar Perseroan Pasal 3, Perseroan merupakan perusahaan holding yang mengelola anak-anak usaha yang bergerak di bidang media, hiburan, daring, telekomunikasi, teknologi, dan layanan kesehatan. Perseroan memulai aktivitas secara komersial di tahun 1984.

Sesuai visi untuk menjadi penyedia hiburan dan informasi terkemuka di Indonesia, Perseroan  mengakuisisi kepemilikan saham strategis di stasiun televisi free-to-air PT Surya Citra Televisi (SCTV) melalui PT Surya Citra Media Tbk (IDX: SCMA) di tahun 2002. Pada tahun 2013, Perseroan mengambil langkah strategis untuk meningkatkan sinergi dalam Grup dengan menggabungkan SCMA, induk usaha SCTV, dengan IDKM, induk usaha Indosiar.

Perseroan pun terus mengembangkan dan memperkuat ekosistem konten dan layanan digitalnya dengan berinvestasi pada bisnis online di berbagai industri, antara lain platform e-commerce terkemuka di Indonesia, BukaLapak, platform kesehatan digital, KlikDokter, portal lowongan kerja online karir.com, Qerja, dan Jobs.id, Home Tester Club, serta perusahaan di sektor digital lainnya seperti logistik, teknologi pendidikan, dan teknologi asuransi. Perseroan juga senantiasa mengembangkan bisnis teknologi finansial melalui dompet digital DANA serta aktif berinvestasi di berbagai sektor digital lainnya, seperti logistik, teknologi pendidikan dan teknologi asuransi.

Selain itu, Perseroan telah memperkuat portofolionya di bisnis media digital online melalui anak usahanya PT Kreatif Media Karya (KMK Online) dengan berinvestasi di PT Kapanlagi Dot Com Networks yang menaungi 9 portal digital ternama, yaitu Liputan6.com, Merdeka.com, Dream.com , Fimela, Brilio.com, Kapanlagi.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Perseroan juga telah mengembangkan platform streaming OTT Vidio yang kini telah menjadi pemain terkemuka di Indonesia.

Pada tanggal 30 November 2020, Perseroan telah menyelesaikan akuisisi atas 4.241.000.000 saham yang mewakili 71,88% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (IDX: SAME) yang memiliki dan mengoperasikan Rumah Sakit OMNI.

Saat ini, usaha yang dijalankan Perseroan dibagi menjadi Divisi Media, Divisi Solusi, dan Divisi Lainnya. 

Divisi Media meliputi tiga saluran televisi: SCTV, Indosiar, dan O Channel. SCTV merupakan salah satu saluran televisi tidak berbayar terkemuka yang berlingkup nasional dengan jumlah pemirsa lebih dari 160 juta di lebih dari 240 kota di seluruh Indonesia. Indosiar merupakan salah satu saluran televisi tidak berbayar terkemuka di Indonesia. Sedangkan O-Channel Jakarta menyiarkan acara gaya hidup dan hiburan bagi masyarakat ibukota.

Divisi Solusi menyediakan serangkaian infrastruktur dan jasa informasi dan layanan komunikasi dan informatika dan solusi teknologi untuk industri telekomunikasi, perbankan dan pembayaran ritel, termasuk solusi jasa untuk VSAT terintegrasi, infrastruktur kartu pintar (smart card) dan distribusi ritel dari layanan telekomunikasi.

Divisi Konektivitas mencakup prakarsa-prakarsa baru yang sedang dikembangkan dalam dunia televisi dan layanan internet, termasuk layanan TV digital wireless berbayar untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya, dan layanan internet pita lebar nirkabel untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya berikut layanan kesehatan baik daring maupun melalui rumah sakit.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaElang Mahkota Teknologi Tbk
KodeEMTK
Alamat KantorSCTV Tower, Lantai 18, Senayan City Jl. Asia Afrika Lot 19 Jakarta 10270, Indonesia
Alamat Emailcorsec@emtek.co.id
Situswww.emtek.co.id
Telepon021-7278 2066
Faks021-7278 2194
NPWP01.366.817.3-054.000
Tanggal IPO12 Jan 2010
Bidang Usaha UtamaJasa dan Perdagangan
SektorTeknologi
Sub SektorPerangkat Lunak & Jasa TI
IndustriAplikasi & Jasa Internet
Sub IndustriAplikasi & Jasa Internet


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama